Armada pemadam kebakaran baru ini akan diuji coba pada pergantian tahun.

Damkar Gowa Bentuk Posko di Kecamatan & Siapkan Satu Armada

Rabu, 18 Juli 2018 | 16:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa bentuk posko di kecamatan. Ini dilakukan untuk merespon cepat jika terjadi kebakaran.

Salah satu posko yang dibentuk yakni, di Kecamatan Bontonompo. Posko dibentuk di kecamatan ini karena padatnya pemukiman warga di wilayah itu,” kata Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Gowa Drs, Rostam, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/7/2018). 

Rostam mengatakan,di posko ini Damkar menyiapkan satu unit kendaraan penembak berisikan 5000L.

“Kami bentuk tim yang setiap 15 menit melakukan Respon Tim di setiap daerah gowa yang berjarak pada radius 7,5 KM,” katanya.

Dia mengatakan, selain membentuk posko, pihaknya juga menyiagakan sekitar 20 personil, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran dapat bergerak cepat.

“Kami siapkan 20 petuga berjaga setiap harinya. Petugas ini wajib menjalankan standar operasional prosedur.Anggota ini harus mengecek kendaran setiap hari, dan memperhatikan pakaian Safty (penahan Api) walaupun tidak ada kebakaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, perlu diketahui  saat ini Pemadam Kebakaran Gowa memiliki 5 unit kendaraan di antaranya, tiga penembak dua water Suplay.

“Damkar memiliki 5 kendaraan tiga  penembak dan dua water suplay, dua mobil penembak ini berisikan 5000L satunya 3000L sedangkan kedua Water Suplay 3000L” tegas Rostam.

Rostam menyampaikan di kabupaten Gowa ada satu titik yang merupakan rawan kebakaran di sebabkan padatnya penduduk.

“Mengantisipasinya, Damkar juga melakukan pelatihan bagi setiap warga desa yang disebut Bantuan Relawan Kebakaran. Tim ini dibentuk guna melatih masyarakat jika terjadi kebakaran. Kami melakukan pelatihan Sesuai SOP, jadi jika terjadi kebakaran warga diharapkan mampu meredam Api sebelum kami datang,”pungkasnya.(*)


BACA JUGA