Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Presentasi Makalah di Jepang

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Jepang, Gosulsel.com — Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar, Ahmad Anshari berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Leap Motion Controller for Indonesian Sign Language Using Naive Bayers Algorithm Based on Android” dalam konferensi internasional yang berlangsung di Fukuoka University, Jepang, Rabu (18/7/2018).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan UIN Alauddin Makassar, Prof. Hj. Aisyah Kara, Ph.D., menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari workshop penguatan kerjasama antara Fukuoka University dan beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, salah satunya adalah UIN Alauddin Makassar. 

Selain mahasiswa, dosen UIN Alauddin Makassar juga mempresentasikan proposal atau hasil risetnya.

Tujuannya memperkuat kerjasama riset dan akses kuliah pascasarjana terutama bagi alumni dan dosen Fakultas Sains dan Teknologi.

Seperti, Prof Aisyah Kara, yang juga merupakan guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar ini juga ikut mempresentasikan makalah berjudul “Engaging Students’ Capacities of Alauddin State Islamic University for Global Recognition”.

Selain mengikuti konferensi, delegasi UIN Alauddin yang turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Prof Dr Arifuddin Ahmad, juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah professor, staf dan mahasiswa di kampus tersebut, antara lain dengan Prof Mashima dan Prof Tanaka. Selain itu, ia juga mempresentasekan makalah dengan judul Scientific Analysis in Hadith Critical Method “A Case Study of Dog’s Lick”.

Sejumlah delegasi dari UIN Alauddin Makassar Juga berkesempatan melihat secara langsung  laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Sscience, Fukuoka University Jepang. 
 
Prof Asiyah mengatakan bahwa program ini sangat  bermanfaat dan realistis apalagi dilakukan dengan mengikutsertakan mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Lanjut Prof Aisyah, Ia berharap mahasiswa yang ikut dapat melanjutkan kuliah di Fukuoka University Jepang.

“Ini juga diharapkan agar mahasiswa yang ikut dapat melanjutkan studi program magister dan doktor di sini,  karena pihak universitas akan memberikan kemudahan dalam proses pendaftarannya,” jelas Prof Aisyah.

Sementara itu, Prof Tanaka dari Fukuoaka University, merespon positif presentasi dari delegasi Indonesia. Beliau menyatakan ketertarikannya dengan Indonesia dan berniat akan  mengunjungi Sulawesi Selatan tahun depan.(*)


BACA JUGA