Besok, Saksikan Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Jumat, 27 Juli 2018 | 01:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Makassar, Gosulsel.com — Setelah gerhana bulan total (GBT) yang terjadi pada 31 Januari 2018 yang disebut super blue blood moon, besok, Sabtu 28 Juli 2018, GBT akan dapat kembali disaksikan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar melalui akun twitternya menginformasikan mengenai fenomena langka tersebut.

“Saksikanlah Fenomena Gerhana Bulan terlama abad ini dengan durasi 103 menit… Jangan sampai ketinggalan semuaa..,” tulis BMKG melalui akun twitter @BmkgSulsel, Rabu (25/7).

Gerhana bulan total tersebut akan mulai pada Sabtu dinihari hingga subuh, 28 Juli 2018. Di Indonesia bagian tengah, gerhana bulan terlama ini dimulai Sabtu pukul 02.24 WITA dan berakhir pada 06.19 WITA.

Hal tersebut juga disampaikan oleh BMKG Indonesia melalui akun twitter @infoBMKG. GBT yang akan berlangsung merupakan gerhana bulan total dengan durasi terlama di abad ini.

“Terlama Abad ini! Puncak Gerhana Bulan Total akan terjadi selama 103 menit dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada tgl 28 juli 2018. BMKG akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara live,” tulis akun twitter @infoBMKG.

Gerhana bulan ‘Blood Moon’ tersebut tidak berbahaya dan dapat disaksikan dengan mata telanjang, teleskop, maupun teropong.(*)


BACA JUGA