Sumarsono: Pj Bupati Sinjai & Bantaeng Dilantik Sebelum HUT RI

Rabu, 01 Agustus 2018 | 16:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, telah mengusulkan nama untuk Penjabat Bupati Sinjai dan Bantaeng. Bahkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat terkait penetapan nama pejabat tersebut.

“Untuk Pj Bupati Sinjai dan Bantaeng, sudah saya tandatangan suratnya,” kata Dirjen Otonomi Daerah yang juga Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, kemarin.

Ia menambahkan, pelantikan kedua Penjabat tersebut akan disatukan yang rencananya pada Agustus mendatang. “Sudah ada jadwalnya, rencananya 15 Agustus mendatang dan dilakukan di Ibu Kota Provinsi,” ujar Soni.

Artinya Pj Bupati Sinjai dan Bantaeng akan langsung memimpin upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia di daerah masing-masing. Mereka akan menjabat sampai pelantikan bupati dan wakil bupati hasil Pilkada 2018.



Terkait nama yang akhirnya disetujui. Dan nama yang mencuat adalah Kepala Bappeda Jufri Rahman di Sinjai dan Kepala BKD Ashari Faksahri Radjamilo di Bantaeng.

Soal kedua nama ini, Soni enggan mengungkapkan dan hanya mengatakan, lupa atas nama siapa suratnya. “Saya kalau sudah tandatangan surat suka lupa namanya, coba tanya Pak Sekda,” ungkapnya sambil tertawa.

Seperti diketahui, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah akan menyelesaikan masa jabatannya untuk periode keduanya pada 15 Agustus mendatang. Sedangkan untuk Sinjai, Bupati Sinjai Sabirin Yahya akan menyelesaikan jabatannya sebagai Bupati Sinjai pada 14 Agustus mendatang.

Posisi yang kosong ini akan diisi oleh Penjabat yang telah ditunjuk oleh Kemendagri, sampai dilantiknya Bupati yang terpilih pada Pilkada 2018 lalu.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel, Hasan Basri Ambarala menambahkan khusus untuk bupati defenitif akan dilantik setelah pelantikan Gubernur Sulsel terpilih. Adapun pelantikan Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman akan dilakukan 17 September di Jakarta.

“Nanti setelah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dilantik baru menyusul bupati dan walikota. Kemungkinan ada 4 bupati dan walikota yang dilantik, mulai dari Kota Palopo, Kabupaten Bone, Sinjai dan Bantaeng,” tambahnya. (*)


BACA JUGA