Sambut Idul Adha, Pemprov Sulsel Siapkan 70 Ribu Hewan Kurban

Kamis, 02 Agustus 2018 | 16:38 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GO CAKRAWALA– Menyambut Idul Adha 1439 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan 70 ribu hewan kurban siap potong. Jumlah ini merupakan hasil pendataan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulsel dari 1,6 juta ekor sapi dan kerbau yang ada.

Kepala DPKH Sulsel, Abdul Azis mengatakan pihaknya melalui Dinas Peternakan kabupaten-kota telah melakukan pendataan stok hewan kurban, terutama sapi jantan yang memenuhi persyaratan. Hasilnya didapatkan 70 ribu ekor.

pt-vale-indonesia

“Kalau kebutuhan kita, belajar dari pengalaman tahun lalu sekitar 14 ribu ekor untuk Sulsel. Untuk yang dikirim ke luar daerah sekitar 26 ribu ekor. Makanya kita perkirakan tahun ini mungkin sekitar 40 ribu ekor yang disembelih untuk kurban,” katanya saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (2/8/2018).

Azis mengatakan selama ini Sulsel menjadi penyuplai hewan kurban ke daerah Kalimantan dan seluruh wilayah Indonesia Timur. Untuk sentra produksi, ada di Kabupaten Maros, Bone, Sinjai, Sidrap, Enrekang dan Wajo.

Untuk mengantisipasi adanya hewan yang tidak layak, DPKH Sulsel telah membuat surat edaran kepada dinas kabupaten-kota agar dilakukan pemeriksaan anti mortem (sebelum penyembelihan) dan post mortem (setelah penyembelihan). Termasuk Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk hewan yang akan disembelih atau dikirim keluar daerah.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan pelatihan juru sembelih hewan kurban. Ini merupakan kerjasama dengan Dinas Peternakan, DPRD, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI),” jelasnya.

Tahun ini, DPKH Sulsel juga menyiapkan satu ekor sapi yang akan disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo. Sapi berjenis simental ini memiliki berat 920 kilogram dan merupakan hasil kawin suntik yang dilakukan peternak di Kabupaten Maros.

“Harganya sekitar Rp45 juta. Tahun ini Pak Presiden akan menyumbang satu ekor sapi di setiap provinsi. Untuk di Sulsel akan diserahkan di Lapangan Karebosi dan diwakili oleh Pj Gubernur Sulsel,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA