Kopel Sulawesi
#

Kopel: Kesiapan Parpol & Kualitas Caleg Memprihatinkan

Jumat, 03 Agustus 2018 | 13:01 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Kesiapan partai politik dan kualitas para calon legislatif (Caleg) dinilai memprihatinkan. Hal ini berdasarkan pengamatan Komite Pemantau Legislatif (Kopel) berdasarkan hasil perbaikan Caleg Sulsel.

Diketahui, berdasarkan perbaikan berkas Caleg Provinsi Sulsel, KPU bakal mencoret sebanyak 885 Bacaleg dari 16 Partai Politik. Dari 1.235 Caleg, lebih dari 1/2 atau 72% Bacaleg yg administrasinya belum dan atau tidak memenuhi syarat (BMS/TMS).

“Lumayan banyak, ini menunjukkan bahwa kesiapan Partai Politik untuk bertarung di Pemilu 2019 tidak power full,” kata Divisi Riset KOPEL, Muh. Akil, Jumat (3/8/2018).

Tidak hanya itu saja, bahkan dia menilai Parpol cenderung tidak mempersiapkan kader-kader yang mumpuni untuk mewakili rakyat Sulsel di parlemen.

Lanjut Akil, proses perkaderan di Parpol mestinya mempersiapkan diri memperjuangkan aspirasi masyarakat jadi memprihatinkan. 

“Ada Partai Politik yang rekruitmen Calegnya asal rekrut. Ada orang yg tidak pernah berkiprah di Partai tiba-tiba jadi Caleg. Ada kader  Partai yg dapat diandalkan tapi tidak diajukan oleh partainya hanya karena sentimen elit Partai dan banyak penyebab lainnya,” tandasnya.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA