#

Survei SSI: Arianto Burhan Makka Potensi Masuk 4 Besar dari Dapil 3

Jumat, 19 Oktober 2018 | 15:59 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Menghadapi Pileg 2019, Caleg DPD RI Arianto Burhan Makka (ABM) mengaku kaget atas hasil survei yang menyebut dirinya masuk 10 besar di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulawesi Selatan.

Hasil Script Survei Indonesia (SSI) baru-baru ini menyelesaikan survei caleg di Dapil 3 dan menyebutkan ABM berada pada posisi 9. 

Dari hasil survei juga disebutkan, tingkat kesukaan dan penerimaan atas caleg ABM sangat baik, sehingga ABM berpotensi masuk ke 4 besar.

Potensi ABM masuk 4 besar jika grafik elektabilitas ABM tetap menunjukkan hasil positif seperti di beberapa bulan terakhir. ABM saat dinyatakan lolos sebagai caleg DPD hanya menduduki urutan bawah. 



Namun hasil data survei popularitas dan acceptabilitas Calon Anggota DPD RI dari Dapil Sulsel 3 awal September 2018 ini, ABM langsung menanjak ke urutan 9 khususnya di Dapil 3 yang meliputi Luwu Raya, Toraja Raya, Enrekang, Pinrang.

“Kami memang baru menyelesaikan survei Dapil 3. Dapil lain sementara berlangsung. Khusus Pak Arianto Burhan, seluruh indikatornya naik positif. Mulai dari popularitasnya, akseptabilitasnya, hingga elektabilitas. Sehingga ABM ini potensi bisa lolos,” ungkap Direktur SSI Yuhardin di Makassar, Jumat (19/10/2018).

Yuhardin menjelaskan, salah satu keunggulan ABM adalah kemunculannya sebagai figur muda, sehingga boleh dikatakan akan mewakili kaum muda. 

Selain aktif di BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), ABM juga altif di sejumlah organisasi kepemudaan. Terakhir ABM juga menjabat Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila.

Apalagi, lanjut Yuhardin, dari 10 besar itu, hanya ABM yang tergolong masih muda. “Boleh jadi ini menjadi menarik bagi wajib pemilih. ABM dari kaum milenial jadi akan banyak pemilihnya dari kaum milenial,” tuturnya.

Hasil survei SSI yang dirilis sebelumnya, Nomor 9 ada nama ABM yang unggul tingkat pengenalan 0,73 persen dengan tingkat kesukaan 100 persen.

Calon Anggota DPD RI Tamsil Linrung berada di nomor pertama, popularitas senator petahana di Dapil 3 Sulsel. Popularitas atau pengenalan Tamsil dalam survei SSI mencapai 8,29 persen dengan tingkat kesukaan 82,45 persen dengan elektabilitas 4,57 persen. (18/10/2018)

Survei digelar pada 3-9 September 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling dan menggunakan 400 responden di Dapil 3 Sulsel yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Toraja dan Toraja Utara serta 4 Kabupaten di Luwu Raya. 

SSI merupakan lembaga survei kredibel yang mampu memperlihatkan integritasnya pada Pilgub Sulsel 2018 dengan mengunggulkan pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman.

Terpisah, pengusaha sekaligus tokoh muda Sulsel, ABM mengaku berterima kasih kepada masyarakat pemilih Sulsel yang percaya pada dirinya mewakili daerah di DPD RI nanti.

“Satu kesyukuran bagi kami. Saya bersama tim hanya bekerja, masyarakatlah yang memilih. Saya tentu tidak bisa apa-apa tanpa dukungan dari masyarakat Sulsel,” kata Waketum BPD HIPMI Sulsel ini. (*)

Tags:

BACA JUGA