CoT Fakultas Teknik Unhas-Peneliti Jepang Kerjasama Soal TSE di Sulsel

Kamis, 09 Agustus 2018 | 11:49 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Central of Tecnology (CoT) Fakultas Tehnik Gowa Universitas Hasanuddin (Unhas) menggagas kerjasama dengan peneliti Jepang tentang Penerapan Tekhnologi Sumber Energi Terbarukan di Sulsel.

Kerjasama ini diawali diskusi bersama atau International General Lecture tentang Potensi Implementasi dalam konteks kerjasama Perguruan Tinggi- Industri-Pemerintah.

Kegiatan ini hasil kolaborasi 5 Departemen dalam Fakultas Tehnik sebagai salah satu agenda dari kalender Dies Natalis-58 FT UH. Kegiatan sharing ini berlangsung dua hari lalu di ruang Senat FT UH.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga representatif dari CoT FT Unhas dari Divisi Konsultansi Teknologi, Dr Eng Muhammad Isran Ramli, ST, MT kepada Beritakota Makassar, Kamis (9/8/2018).



Ia menjelaskan, International General Lecture ini semacam sharing capaian hasil-hasil riset yang dilakukan oleh Civitas Fakultas Teknik dengan peneliti-peneliti dari Jepang.

“Sharing bersama ini mengusung tema-tema penelitian terkait dengan Sustainabilitas Supply Energi yang lebih fokus pada Sumber Energi Terbarukan (Renewable Energy Source).

Hasil-hasil riset memperlihatkan bahwa bisa dilakukan efisiensi penggunaan energi dengan menggunakan pendekatan pemanfaatan teknologi geothermal dan ground heat source sebagai teknologi alternatif dalam mengefisiensikan penggunaan emergi dari alat-alat eletrikal seperti air conditioner dan lain lain,” jelas Isran.

Kegiatan ini dihadiri juga mitra industri yang akan mensupport rencana implementasi penggunaan teknologi GTHP dan GSHP.

Peneliti Jepang yang hadir yakni Mr Ishikawa Shohei adalag peneliti  dari Oriental Consultant, Prof Yoshiro Narita dari Expert JICA-CBEST, Dr Eng Jalaluddin dari Fakultas Teknik Gowa Unhas.

Dr Eng Arief Widiatmojo yang merupakan peneliti dari lembaga riset Jepang yang bernama AIST (National Institute of Advance Industrial Science Technology).

Dalam sharing tersebut, Prof Dr Eng Jalaluddin mengekspose hasil penelitian tentang GTHP dan Dr Eng Arief tentang GSHP.

Kegiatan sharing yang diarrange oleh CoT (Center of Technology) Fakultas Teknik Gowa Unhas ini bekerjasama dengan Oriental Consultant dr Jepang dan disupport oleh JICA-CBEST dan  AIST Jepang.

“Agenda aksi ke depan sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi rencana riset hari ini adalah akan dilakukan Simposium International tentang issu smart infrastruktur dan renewable energy source di bulan November 2019 mendatang.

Kegiatan ini nantinya merupakan kolaborasi dr CoT FT Unhas, Industri (mis Kalla Group) dan melibatkan tiga Pemerintah Daerah yakni Pemkab Tana Toraja, Pemkab Toraja Utara dan Pemkab Enrekang. 

Dikatakan Isran, 5 Departemen dengan  representasi penelitinya di lingkungan  FT UH  yang bekerjasama itu adalah Departemen Teknik Sipil (Dr Eng Rita Irmawaty dan St Hijraini Nur, ST, MT), Departemen Teknik Mesin (Dr Eng Jalaluddin), Departemen Teknik Elektro (Dr Eng Intan Sari Areni).

Departemen Teknik Lingkungan (Dr Eng Asiyanthi T Lando dan Dr Eng Muralia Hustim)  dan Departemen Teknologi Geologi (Dr Eng Adi Maulana). Turut hadir dalam sharing tersebut dari pihak mitra industri yakni dari Kalla Group yang diwakili oleh Ir Zuhaeri, MSc. (*)


BACA JUGA