#

Cerita Viah Hasanah, Dari Customer Service Hingga Jadi Caleg Perempuan Idola PSI

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 23:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Viah Hasanah, Calon Legislatif (Caleg) perempuan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar banyak diidolakan, khususnya bagi kader PSI yang memiliki hubungan kedekatan dengan dia.

Politisi muda yang tercatat sebagai Sekretaris DPD PSI Kota Makassar ini telah membulatkan tekad bertarung pada kontestasi pencarian wakil rakyat tahun depan. Daerah Pemilihan (Dapil) Makassar 2 jadi pilihan arena pertarungan Viah, yakni meliputi Kecamatan Wajo, Tallo, Bontoala, Ujung Tanah dan Kepulauan Sangkarrang.

Membangkitkan kesetaraan gender mendorong Viah hingga membulatkan tekad terjun ke dunia politik.

“Saya ingin supaya perempuan-perempuan itu tidak apatis terhadap politik,” kata Viah, Sabtu (11/8/2018).



Perjalanan Viah terjun ke dunia politik tidak secara tiba-tiba. Dia dibentuk dari rekam jejak karier, bergaul dengan politisi hingga dipertemukan dengan partai baru yang menjadi idolanya. PSI menjadi partai yang membuatnya tertarik.

Berawal saat Viah bekerja sebagai customer service di Telkom Parepare. Tiga tahun sebagai customer service, ia kemudian kembali di tanah kelahirannya, Makassar. Viah melanjutkan karir sebagai karyawan swasta di Bank Mega Tanjung Bunga selama kurang lebih 3 tahun.

Dara kelahiran Makassar, 23 Oktober 1984 ini mengaku ketertarikannya dengan dunia politik paling “srek” kala melanjutkan jenjang pendidikan S2nya. Saat itu Viah kuliah di Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administasi Lembaga Administasi Negara (Stia LAN) Pettarani, Makassar.

“Saya terjun ke dunia politik karena saya tertarik pas kuliah S2. Disitu makin tertarik pas ada PSI,” cerita Viah.

GoSulsel.com yang berbincang lebih jauh dengan Viah perlahan membeberkan ketertarikannya kepada partai yang diinisiasi oleh kelompok anak muda itu. Viah bahkan langsung dipercayakan sebagai Sekretaris PSI Makassar, sejak awal partai ini dibentuk.

“Saya jadi Sekretaris sejak PSI terbentuk di Sulsel. Khususnya di Kota Makassar. Menurut saya PSI sangat menarik, beda dengan partai lain. Dimana partainya anak muda. Yang kedua, partai yang dilahirkan langsung, dalam artian bukan adopsi,” ucap Viah.

Seperti apa Viah Hasanah di mata kerabatnya? Begini pengakuan salah satu koordinator kelurahan PSI di Kecamatan Rappocini, Taufiq Arief:

Dimata Taufiq, Viah adalah sosok politisi perempuan yang tangguh. “Beliau juga adalah pekerja keras dan memiliki jiwa muda yang tinggi,” akun Taufiq.

Menurutnya, Viah memang sangat tepat untuk menjadi panutan perempuan muda, khususnya yang ada di Kota Makassar. Yang paling membuatnya kagum, lantaran dia menilai adalah Viah sangat terbuka sesuai slogan PSI.

“Viah juga merupakan perempuan terbuka dan progresif. Sesuai dengan slogan Partai PSI. Terbuka, Progresif itu kita,” tandasnya.(*)


BACA JUGA