Kepala Puskesmas Ulu Galung Kecamatan Ere Merasa, drg Shalahuddin

Penunjukan Dokter Keluarga BPJS Kesehatan Disorot, Banyak Warga Minta Pindah

Kamis, 16 Agustus 2018 | 13:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

Bantaeng, GoSulsel.com — Kendati iuran BPJS Kesehatan sudah digratiskan lewat APBD Bantaeng, tapi masih banyak warga merasa kesulitan untuk berobat menggunakan fasilitas kesehatannya kepada dokter keluarga yang sudah ditentukan pemerintah.

“Kami bersyukur Pemkab Bantaeng menggratiskan iuran BPJS kepada masyarakat. Tapi lokasi dokter keluarga yang ditunjuk dikeluhkan warga terutama yang tinggal di pedesaan,” keluh Bahar warga Desa Ulu Galung, Kamis (16/8/2018).

Menurut Bahar, mayoritas warga mengaku kesulitan berobat ke dokter keluarga yang ditetapkan. Sebab selain jarak cukup jauh dari desa ke kota, warga juga terkendala dengan mobilitas angkutan ke kota termasuk ongkos jalan.

“BPJS memang sudah gratis, tapi kami berharap kepada pemerintah atau dinas terkait untuk tidak lagi membebani masyarakat dengan persoalan yang semestinya tak perlu membebani warga. BPJSnya memang gratis tapi berat diongkos,” cetus Bahar.



Dikonfirmasi terpisah, Kepala Puskesmas Ulu Galung Kecamatan Ere Merasa, drg Shalahuddin, membenarkan banyaknya warga di Desa Ulu Galung yang mengeluhkan jauhnya jarak tempuh ke dokter keluarga BPJS.

“Iya kami sudah sering menerima keluhan masyarakat terkait masalah itu. Makanya kami menyiapkan blanko pernyataan untuk pindah dokter terdekat. Dari sekitar 700 lembar blanko yang disiapkan, semua sudah habis,” ungkap dokter Didi sapaan akrabnya.

Sesuai data di Puskesmas Ulu Galung, lanjut dia, jumlah peserta BPJS Kesehatan di desa tersebut sekitar 1.300 orang. Sebagian besar atau mencapai 90 persen warga desa harus menempuh jarak berkilo meter ke kota.

“Sebenarnya kami bisa saja menolak warga yang datang ke Puskesmas karena fasilitas kesehatan atau dokter keluarga BPJS mereka berada jauh di kota. Tapi itu tidak kami lakukan karena rasa kemanusiaan,” tandasnya.(*)

Kontributor: Asmaun/ GoSulsel.com


BACA JUGA