Ini Harapan Veteran Asal Sulsel di HUT RI ke-73

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:13 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Hari ini, Jumat (17/8/2018) seluruh rakyat Indonesia merayakan peringatan HUT RI ke 73 tahun. Tak terkecuali para veteran atau pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  LVRI Sulselrabar, Kolonel Purn Jacob Pakilaran yang hadir di upacara peringatan HUT RI ke 73  di Rujab Gubernur Sulsel memberikan harapannya terkait kemerdekaan Indonesia. 

Menurutnya, ada pergeseran makna kemerdekaan di kalangan generasi muda atau kaum milenial.



“Anak muda sekarang banyak yang menganggap kalau kemerdekaan yang ada hanya diambil begitu saja. Padahal ini butuh perjuangan sampai harus mengorbankan jiwa para pahlawan,” katanya.

Mantan Komandan Kompi Batalyon 721 yang pernah bertugas di Operasi Seroja Timor Timur ini meminta semangat patriotisme dan nasionalisme harus tetap ada. Sebab ini merupakan modal utama mengisi kemerdekaan.

Soal perhatian pemerintah kepada veteran, menurutnya masih sangat kurang. Terutama pemerintah provinsi, yang sejak 5 tahun terakhir sudah tak pernah memberi dana hibah. 

“Padahal ada diatur dalam Undang-undang soal hibah ini. Selama ini kami hanya terima tunjangan veteran, ini yang kami potong Rp25 ribu untuk membiayai kegiatan di DPD LVRI Sulselbar,” pungkasnya. (*) 


BACA JUGA