Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memberi sambutan di malam resepsi HUT ke-73 RI di Istana Balla Lompoa, Gowa/Jum'at, 17 Agustus 2018

Adnan Beberkan Segala Upaya Agar Warga Gowa Tetap Rasakan Pelayanan Kesehatan Gratis

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:43 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Diam-diam ternyata warga Kabupaten Gowa tetap masih bisa merasakan pelayanan kesehatan gratis. Padahal diketahui, tidak ada lagi jaminan kesehatan selain Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Bagaimana caranya? pasca kebijakan BPJS dikeluarkan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat itu mengusulkan yudicial review atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Adnan mengajukan permohonan uji materi Pasal 4 huruf g, Pasal 14, dan Pasal 16 ayat 1 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS). Saat itu juga Bupati termuda di Indonesia bagian timur ini menggalang kekuatan kepala daerah lainnya untuk melakukan uji materi.

Adnan bahkan pernah ikut dalam sidang uji materi BPJS di MK. Namun, pada tanggal 25 Mei 2017, MK menyatakan menolak permohonan Adnan.



Tidak berhenti di situ saja, Adnan tetap mencari cara agar masyarakat Gowa tetap bisa merasakan pelayanan kesehatan gratis. Olehnya dia menginsiasi untuk berintegrasi dengan BPJS. Cara inilah yang dilakukan Adnan agar rakyatnya tetap mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Jaminan kesehatan gratis dari Pemkab Gowa menjadi salah satu isi sambutan Adnan pada puncak malam resepsi perayaan HUT ke 73 RI di Istana Balla Lompoa, Sunggumina, tadi malam, Jumat (17/8/2018).

“Sampai saat ini program kesehatan gratis masih tetap berjalan dengan kita melakukan integrasi dengan BPJS,” kata Adnan.

Sebelumnya, dia mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, yakni pembangunan di bidang kesehatan. “Kita terus tingkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Tidak hanya itu saja, upaya Pemkab Gowa untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terus di Genjot. 26 Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa, tahun ini ditarget telah menjadi Puskesmas perawatan.

“Dan mohon do’a, seluruh masyarakat Kabupaten Gowa, mulai dari tahun lalu Pemerintah Kabupaten Gowa sementara membangun gedung perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf yang Insya Allah akan kita bangun setinggi 7 lantai,” tuturnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya, Pemkab menargetkan sudah sampai pada lantai lima. “Insya Allah, tahun ini kita targetkan sudah sampai lantai lima,” tandasnya.(*)


BACA JUGA