Begini Keseruan Lomba Masak TP PKK Gowa

Senin, 20 Agustus 2018 | 13:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Tim Penggerak PKK Gowa menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten, di Halaman Rumah Jabatan Bupati (Rujab) Gowa, Jl Beringin, Minggu (19/8/2018) pagi.

Lomba yang diikuti oleh TP PKK di 18 kecamatan ini, buka oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL. Turut pula hadir, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, para Muspida Gowa, Ketua TP PKK Kab Gowa beserta jajarannya, serta para SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Sekretaris TP PKK Gowa, Kawaida Alham, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat pangan lokal daerah yang dapat dijadikan sebagai menu utama atau pendamping yang memenuhi syarat sehat dan bergizi.

“Ini adalah ajang untuk memberdayakan masyarakat agar bisa menggali potensi -potensi lokal dalam mengolah bahan baku yang ada di wilayahnya dengan menciptakan beragam kreasi yang dapat menggugah selera sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada beras,” katanya.



Selain itu, dia juga mengatakan bahwa, setiap tim harus mampu menciptakan menu yang unik, tetapi tetap mempertahankan kandungan gizi yang ada dalam bahan makanannya.

“Jadi dalam lomba ini setiap tim harus berusaha membuat menu B2SA dan unik, karena yang dinilai oleh tim juri sesuai standarisasi penilaian yang berlaku, yakni, kreasi, citarasa dan penampilannya,” lanjut kawaidah.

Sementara Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini
merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam.

“Membangun sumber daya manusia yang baik tentu sangat dibutuhkan asupan gizi yang baik, asupan gizi yang baik ditentukan dari makanan seimbang yang diberikan kepada kita semua, sehingga hari ini di gelar lomba tiada lain untuk bisa mensosialisasikan sampai ke tingkat Kecamatan, bahkan ke tingkat Desa,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, di berpesan agar setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga, dapat menyajikan menu sehat dan bergizi.

Adapun yang berhasil keluar sebagai juara dalam lomba masak B2SA ini yaitu, juara pertama berhasil diraih oleh Kecamatan Bontomarannu, juara kedua diraih oleh kecamatan Parangloe, sementara juara ketiga berhasil diraih oleh Kecamatan Barombong.(*)


BACA JUGA