Pengamat Transportasi Sulsel: Tol Pettarani Belum Sepenuhnya Bisa Atasi Kemacetan

Sabtu, 25 Agustus 2018 | 10:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar,Gosulael.com – Tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak sejalan dengan penigkatan kapasitas jaringan jalan menjadi salah satu faktor terjadinya kemacetan di Sulawesi Selatankhususnya di Makassar. 

Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemacetan tersebut, meningkatkan ruas jalan dan menambah kapasitas jaringan jalan dengan pembanguan jalan tol layang AP Pettarani.

Jalan tol layang akan dibangun dari Fly Over menghubungkan tol revormasi menuju jalan AP Pettatani hingga jalan Sultan Alauddin.

Pengamat transportasi Sulsel Dr. Ir Qadriathi Dg Bau M.Si., M.Pd. melihat bahwa pembangunan tol layang AP Pettarani tersebut belum sepenuhnya dapat mengurai kemacetan.



“Harapannya nanti setelah itu terbangun baru diurai itu kemacetan. Walaupun belum menjadi solusi yang komprehensif karena dia kan masih sebatas dari Fly Over sampai Pettaraini,” katanya.

Qadriathi Dg Bau yang juga merupakan staf ahli Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan tersebut juga menjelaskan bahwa pembangunan tol layang Pettarinani belum bisa mengimbangi pertumbuhan kendaraan di Makassar.

“Jadi mungkin belum sepenuhnya bisa mengurangi kemacetan yaa kerena pertumbuhan kendaraan kita tinggi kan  dibandingkan perkembangan jaringan  jalan. Tapi kita tetap bersyukur sudah ada upaya untuk mengurai kemacetan dengan membangun janlan tol,”pungkasnya.(*)


BACA JUGA