Empat Bupati-Walikota di Sulsel Dilantik Akhir September

Kamis, 06 September 2018 | 22:54 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Pelantikan bupati/walikota terpilih hasil pemilihan kepala daerah 27 Juni 2018 untuk tahap pertama akan dilaksanakan paling lambat minggu keempat September.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otoda Kemendagri), Soni Sumarsono menjelaskan, pelantikan serentak skala provinsi rencananya akan dilaksanakan di bulan September ini.

pt-vale-indonesia

“Saya kasih penegasan, dengan kapasitas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri yang menandatangani radiogram, pelantikan dilaksanakan bulan september secara serentak skala provinsi tahap pertama,” ungkap Soni, Kamis (6/9) malam.

Rencananya, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota yang akan dilantik bulan ini adalah Bupati/Wakil Bupati Bantaeng, Bone, Sinjai, dan Walikota/Wakil Walikota Palopo.

Pelantikan mereka mengacu pada akhir masa jabatan (AMJ) bupati/walikota yang paling akhir.

“Berdasarkan akhir masa jabatan, yang terakhir itu Bantaeng 16 Agustus. Jadi empat daerah yang harus dilantik Bone, Palopo, Sinjai dan Bantaeng harus dilantik setelah 16 September. Setelah proses masa sengketa selesai,” ungkap Soni.

Artinya, pelantikan empat kepada daerah di Sulsel itu bisa saja tanggal 20, 23, atau 27 September. Tergantung keputusan gubernur.

Namun, informasi yang diperoleh, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah akan melantik kepala daerah terpilih tahap pertama setelah pekan olahraga daerah (Porda) digelar. Porda sendiri akan dibuka 23 September mendatang.

“Kemungkinan pelantikan dilakukan setelah 23 September. Artinya sekitar minggu keempat September. Asal tidak boleh lewat September,” kata Soni.

Soni menegaskan, semua proses sudah selesai di Kemendagri. Termasuk SK, dijamin sudah ditangan saat pelantikan dilaksanakan. (*)


BACA JUGA