#

Sebelum Tinggalkan Mekkah, Jemaah Haji Bantaeng akan Melaksanakan Tawaf Wada’ Malam Ini

Kamis, 06 September 2018 | 19:24 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Bantaeng, GoSulsel.Com – Sehari sebelum meninggalkan Kota Mekkah, jemaah haji kloter 15 UPG musim haji tahun 1439 H/2018 M yang terdiri dari jemaah Kab. Bantaeng (186) dan Jemaah Kab. Takalar (264) akan melaksanakan thawaf wada’ atau thawaf perpisahan.

Hal tersebut disampaikan, H. Muhammad Arfah, pembimbing Ibadah Haji Kloter 15 dari Mekkah Arab Saudi. Menurutnya, Thawaf Wada’ merupakan penghormatan terakhir pada Masjidil Haram dan merupakan amalan terakhir bagi orang yang menjalankan haji sebelum meninggalkan Mekkah.

“Jadi tidak ada lagi amalan sesudahnya. Thawaf wada’ ini wajib dilakukan jemaah haji dan menjadi akhir amalan orang yang berhaji di Baitullah. Mereka tidak boleh lagi tinggal lama setelah itu. Jika tidak, maka thawaf wada’nya wajib diulangi,” Arfah.

Sementara itu, lanjutnya, wanita haid yang telah menjalani thawaf ifadhah jika mereka bisa menunggu sampai haidhnya suci, maka ia diperintahkan melakukan thawaf wada’. Kalau tidak mampu menunggu karena harus meninggalkan Mekkah, thawaf wada’ gugur darinya.

Dari hasil pertemuan Petugas Haji Kloter 15 UPG dengan para jemaah yang digelar di Mushallah Al Aseel Plaza Hotel pada ba’da Isya, Rabu, 5 September 2018 Waktu Arab Saudi tadi malam, pelaksanaan thawaf wada’ bagi jemaah kloter 15 UPG ini dijadwalkan pada Kamis malam ba’da Isya tanggal 6 September 2018 waktu Arab Saudi. (*)


BACA JUGA