Kukuhkan 330 Secata, Ini Pesan Pangdam XIV Hasanuddin

Minggu, 09 September 2018 | 10:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi menggelar pengukuhan dengan pengambilan sumpah bagi 330 siswa Sekolah Calon Tamtama (Secata) TNI Angkatan Darat gelombang I TA 2018, bertempat lapangan Prayudha Secata Malino Kabupaten Gowa, Sabtu (8/9/2018).

Dalam arahannya usai pengambilan sumpah Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si di hadapan ratusan tamtama baru mengatakan bahwa sumpah yang baru saja diikrarkan merupakan janji kepda Tuhan yang harus ditepati.

pt-vale-indonesia

“Tuhan telah mencatat janjimu, maka tepati janjimu,” ungkap  Mayjen TNI Surawahadi.

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan kepada seluruh Tamtama yang baru selesai mengikuti pendidikan selama kurang lebih lima bulan di Secata Malino, bahwa pelantikan ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan langkah awal yang membawa konsekuensi logis dari tuntutan tugas sebagai abdi negara di bidang pertahanan.

“Pendidikan ini sebagai pembuka gerbang awal dari pengabdian negara yang sesungguhnya, mendedikasikan diri dan mempertahankan NKRI sebagai harga mati. Sesuatu yang diawali dengan komitmen dan berikrar dengan bersungguh-sungguh akan menghantarkan setiap prajurit pada pencapaian dan hasil yang baik,” lanjutnya.

Suasana haru dan bahagia yang disertai tangis mewarnai kehadiran seluruh keluarga mantan siswa Secata, saat diberi kesempatan oleh Pangdam untuk dapat bertemu keluarganya. Tidak hanya itu, Pangdam juga memberikan kesempatan bagi mantan siswa dan keluarganya untuk foto bersama dengan Pangdam XIV/Hasanuddin.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Sampara warga Kabupaten Takalar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam yang telah mendidik anaknya menjadi anggota TNI. “Terima kasih pak, mudah-mudahan anak saya dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, Ibu Mala orang tua Prada Suardi dari Kabupaten Bulukumba juga menyampaikan hal yang sama kepada Pangdam XIV/Hasanuddin. “Saya bangga pak, lihat anak saya. Mudah-mudahan menjadi tentara yang benar-benar mengabdi pada negara,” ucapnya.

Dari 330 Tamtama yang mengikuti pendidikan selama kurang lebih lima bulan di Secata Malino, terpilih dua orang menjadi Tantama terbaik yaitu Prada Rusli dari Kabupaten Takalar yang merupakan putra pasangan Rani Dg Cana – Ibu Ceneng yang kesehariannya bekerja sebagai Petani. Sedangkan peringkat kedua diraih Prada Suwardi dari Kabupaten Kendari, putra Baharuddin – Ibu Mala.

Upacara yang ditandai dengan penyamatan pangkat efektif dan pengambilan sumpah itu, dihadiri oleh Irdam, Danrindam, para staf ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Dansat/Kabalak Kodam XIV/Hasanuddin dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang X/Rindam, Muspida Kabupaten Gowa, para tokoh masyarakat, agama serta keluarga besar mantan siswa Secata.(*)