Begini Cara Dinkes Gowa Sosialisasikan Lima Indikator Sehat

Rabu, 12 September 2018 | 10:22 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah program yang digelontorkan Pemkab Gowa melalui Dinas Kesehatan sejak tahun 2016.

Program ini merupakan program membudayakan hidup sehat dengan menekankan pada lima indikator sehat yakni olahraga, perbanyak makan buah dan sayur, rutin periksakan diri di sarana kesehatan, lingkungan bersih, serta tidak merokok.

pt-vale-indonesia

Sebagai tindaklanjutnya, Germas ini gencar disosialisasikan ke masyarakat bukan hanya di lingkungan masyarakat secara umum tapi juga menyasar sekolah-sekolah serta perkantoran-perkantoran, baik perkantoran milik pemerintah maupun non pemerintah.

Kadis Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin Tahir menjelaskan, program Germas di Gowa sudah berjalan di tahun ketiga dan terus disosialisasikan dan dikembangkan ke masyarakat.

“Jadi Germas ini tidak hanya kita rutinkan di Puskesmas-puskesmas tapi kita familiarkan juga di tengah masyarakat desa, sekolah-sekolah hingga ke kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta. Makanya Germas ini terus menerus kita sosialisasikan dengan tujuan ke depan program ini memasyarakat,” jelas dr Hasanuddin di sela senam Germas di halaman kantor Dinas Kesehatan Gowa, Rabu (12/9/2018) pagi diikuti para staf Dinkes dan jajaran Puskesmas terdekat alam ibukota kabupaten.

Dikatakan kadis, senam Germas ini dirutinkan setiap hari Rabu di lingkup Dinkes dan di Puskesmas. “Dan sebagai implemetasinya ke masyarakat kita juga mulai menyasar sekolah-sekolah bekerjasama puskesmas untuk membudayakan Germas ini termasuk juga di perkantoran-perkantoran dengan tujuan agar para pelajar kita sehat dan bersemangat belajar setiap hari begitu juga para pegawai instansi agar selalu semangat bekerja setiap hari,” jelas kadis.(*)


BACA JUGA