Ilustrasi

Pernah Mencaleg Tapi Gagal? Ini Kunci Sukses Menang di Pileg 2019

Senin, 17 September 2018 | 10:25 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun depan masih didominasi figur lama, mereka diantaranya adalah eks Caleg yang pernah gagal pada Pileg sebelumnya. Bahkan ada diantaranya yang pernah beberapa kali ikut kontestasi pencarian wakil rakyat namun tidak terpilih.

Lantas bagaimana kunci sukses bagi mereka yang pernah Mencaleg namun belum terpilih?

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin, Dr. Iqbal Sultan mengatakan, hal yang menarik, bahwa bagi Caleg yang sudah pernah berkompetisi dan belum terpilih harusnya melakukan evalusi diri.

Dia menuturkan, ada satu fariabel yang harusnya menjadi perhatian bagi mereka, yakni melakukan pemetaan basis massa. Apalagi, bagi mereka yang sebelumnya pernah Mencaleg, tentu sudah memiliki modal popularitas.

“Karena ada banyak fariabel, tapi yang paling kuat memperlhatkan, bahwa dia tidak memiliki basis atau tidak kuat akarnya di wilayah itu,” kata Iqbal, Senin (17/9/2018).

Dijelaskan Iqbal, basis pemilih di satu wilayah menjadi modal untuk mengukur kekuatan, sehingga di wilayah lainnya tinggal fokus menggarap peluang meraup suara semaksimal mungkin.

Dia melanjutkan, bantuan Branding Media juga perlu dilakukan. Menurutnya, dengan bantuan media, visi dan misi serta langkah yang akan dilakukan jika terpilih dengan muda tersalurkan ke publik.

“Sehingga apa yang harus menjadi rekomendasi ini, bahwa seharusnya dia harus memiliki bantuan media yang tepat,” tandasnya.(*)


BACA JUGA