Hasil Evaluasi Perusda, Gubernur Sulsel: Kita Demisionerkan Semua

Rabu, 26 September 2018 | 18:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan evaluasi terhadap kinerja Perusahaan Daerah (Perusda). Hasilnya, Perusda yang ada tak memberikan hasil positif pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah. 

Seperti diketahui Pemprov Sulsel melakukan penyertaan modal di beberapa Perusda mulai dari Perusda Umum, Perusda Agribisnis, PT Jamkrida, PT Akrida dan PT KIMA. 

pt-vale-indonesia

“Kita sudah evaluasi dan tidak menghasilkan apa – apa. Perusda kita mau demisioner kan semua. Kita stop dulu dana APBD ke Perusda,” kata Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah usai pelantikan kepala daerah di Kampus Unhas, Rabu (26/9/2018). 

Nurdin melanjutkan pihaknya akan menata kembali keberadaan Perusda termasuk penyertaan modal yang dilakukan Pemprov Sulsel selama ini. Selain itu, pihaknya akan mendirikan Perusda baru yang dianggap lebih potensial. 

“Kita tata kembali dan dirikan Perusda yang bisa memberikan provit dalam mendukung APBD kita. Direksi yang ada harus kita evaluasi semua, bukan dipensiunkan tapi didemisionerkan,” jelasnya. 

Sebelumnya, dua Perusda Sulsel yang memperoleh modal dari APBD, yaitu Perusda Agribisnis dan Perusda Penjaminan Kredit Daerah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Dalam laporannya, BPK menyebutkan kedua Perusda ini telah mendapat modal dari APBD sejak 2012, namun tidak pernah menyetorkan laba ke Pemprov Sulsel.(*)


BACA JUGA