UTD PMI Kota Makassar Mengirimkan 100 Kantong Darah dan 4 Orang Petugas Pelayanan Darah ke Palu

PMI Kota Makassar Kirim 100 Kantong Darah ke Palu

Selasa, 02 Oktober 2018 | 13:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar terus berkomitmen meningkatkan dukungannya pada operasi tanggap darurat bencana di Palu dan Donggala. Setelah 3 hari lalu mengirimkan tim relawannya yang terdiri dari berbagai spesialisasi keterampilan tanggap darurat bencana ke Palu maka hari ini, Selasa (2/10/2018), melalui Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar kembali mengirimkan 100 kantong darah dan 4 orang petugas pelayanan darah.

Menurut Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI (Deng Ical) bahwa berdasarkan hasil asesmen dari relawan kami di lapangan bahwa kondisi kantor UTD PMI Palu dalam keadaan rusak bahkan beberapa peralatan hancur akibat terjangan gempa, juga beberapa petugas transfusi darah yang rumahnya rusak keluarganya menjadi korban bencana ini. Hal tersebut mengakibatkan pelayanan darah untuk mensuplai kebutuhan pasien yang membutuhkan darah di Rumah Sakit praktis tak berfungsi dan tak berjalan.

pt-vale-indonesia

Olehnya itu, PMI kota Makassar setelah berkoordinasi dengan UTD PMI Pusat melakukan respon dengan mengirimkan 100 kantong darah berikut petugas pelayanan darah serta beberapa peralatan pendukung transfusi darah ke Palu diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI AU. “Kami berharap upaya ini dapat membantu sesama kita yang membutuhkan darah disana demi misi kemanusiaan. Kita terus akan memantau perkembangan dalam hari-hari kedepan jika ternyata hasil asesmen kebutuhan darah, maka kami akan upayakan melakukan pengiriman darah tahap kedua,” ujarnya.

Sementara itu, kepala UTD PMI Kota Makassar dr. Sukmawati mengatakan bahwa diantara tim yang dikirimkan ke Palu terdapat 3 orang tim teknis pelayanan darah dan 1 orang relawan PMI dengan latar belakang kesehatan. Tugas mereka selama disana antara lain membantu teknis pelayanan transfusi darah, membantu memulihkan situasi Unit Transfusi Darah PMI Palu agar kembali beroperasi normal, melakukan asesmen kerusakan dan kebutuhan kedepan untuk pelayanan darah agar dapat ditindaklanjuti dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.(*)