Pemkab Bulukumba Programkan Desa Kahayya Jadi Destinasi Wisata

Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Bulukumba, GoSulsel.com — Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, berencana mencanangkan Desa Kahayya di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba sebagai desa wisata. Ini dimaksudkan untuk pengembangan sejumlah objek yang bisa dijadikan destinasi wisata di daerah ini.

Rencana tersebut dikemukakan Kadis Pariwisata Bulukumba Ali Saleng. Dikatakan, untuk menyukseskan rencana pengembangan wisata di Desa Kahayya, Pemkab bersama masyarakat berencana melakukan pembenahan pemukiman warga di desa tersebut.

pt-vale-indonesia

“Untuk mendorong perekonomian di Desa Kahayya, maka pemerintah akan mengarahkan penduduk agar rumah mereka bisa dijadikan home stay (penginapan). Tujuannya, agar wisatawan yang datang dapat menginap sehingga warga mendapatkan penghasilan,” terang Ali Saleng, Rabu (10/10/2018).

Hanya saja sebelum itu dilakukan, terang dia, program yang paling utama dijalankan dalah pembenahan infrastruktur jalan. Karena dari hasil survey, infrastruktur jalan sebagai pendukung utama bergeraknya pembangunan yang dianggap kurang memadai.

Dikatakan, infrastruktur jalan yang menjadi prioritas untuk dibenahi sepanjang 6 kilometer. Dikarenakan di Desa Kahayya masih banyak poros jalan yang belum diaspal atau berstruktur tanah merah. 

“Guna mempercepat program desa wisata itu, kami akan berkoordinasi dengan dinas PUPR agar infrastruktur jalan di Desa Kahayya bisa diperbaiki dan menjadi prioritas,” tuturnya.

Kadis menambahkan, dengan adanya pengembangan dan pembenahan desa wisata tersebut, diharapkan menambah daya tarik pengunjung atau wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang terus dikembangkan pemerintah.(*)


BACA JUGA