Tergabung dalam Gemmanine, Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar Ikut Bantu Korban Gempa di Sulteng

Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Palu, GoSulsel.com — Gempa disertai tsunami yang mengguncang Palu Donggala Provinsi Sulawesi tengah Jumat (28/9/2018) lalu ini cukup menarik banyak empati dari berbagai kalangan. 

Tak terkecuali, tiga mahasiswa Jurusan Jurnalistik Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar, Anita, Gufran, dan Haerun Naim. Mereka rela meninggalkan kuliah demi untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu. 

pt-vale-indonesia

Aksi yang dilakukan oleh tiga mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar tersebut juga mendapat apresiasi dari salah seorang dosen jurnalistik UIN. 

Haidir Fitra Siagian, Ph.D yang merupakan Dosen Jurnalistik UIN mengaku senang dengan yang dilakukan mahasiswanya tersebut. 

“Tentu saya sangat senang dengan aktivitas kemanusiaan yang mereka lakukan di sana. Walaupun berangkat bukan atas nama kampus, tapi sebagai dosennya saya tetap senang. Bahkan sangat senang,” kata Haidir Fitra Siagian.

Menurutnya lagi, apa yang mereka lakukan sebagai salah satu mahasiswa dari perguruan tinggi Islam sudah sesuai dengan ajaran Islam yang mengajarakan untuk saling tolong menolong dan mewujudkan empati kemanusiaan yang tinggi.

Ia juga menjelaskan bahwa apa yang mahasiswanya lakukan membawa misi kemanusiaan tak kalah pentingnya  dengan kegiatan akademik di Kampus. 

“Itu penting karena sebagai mahasiswa harus mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Soal kuliah, nanti akan ada jalan keluarnya,” tambah lulusan Universitas Kebangsaan Malaysia tersebut.(*)


BACA JUGA