#

Target Menang Pileg 2019, Begini Persiapan Strategi Demokrat Sulsel

Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel akan mengumpulkan 900 Calon Legislatifnya, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan DPR RI. Partai berlambang bintang mercy ini akan menggelar orientasi bagi Calegnya yang akan bertarung di Pileg tahun 2019 mendatang.

“Awal bulan depan (September) kita gelar orientasi caleg. Caleg DPRD Provinsi yang hadir 85 orang, 800 Caleg Kabupaten/Kota dan 24 Caleg DPR RI, jadi hampir sekitar 900 orang,” kata Ketua Demokrat Sulsel, Ni’matullah, Rabu (17/10/2018).

pt-vale-indonesia

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menjelaskan dalam orientasi ini akan dibahas yakni singkronisasi gerakan bagi DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Serta bahas penyampaian target partai.

“Mungkin DPP, Pramono edhie Wibowo akan membawa materi terkait partai Demokrat. Karena banyak caleg baru, jadi mereka harus paham partai Demokrat yang berbeda dengan partai lain,” ujar Ulla sapaan akrab Ni’matullah. 

Selain, kata dia, semua caleg Demokrat akan melakukan penandatanganan pakta integritas dan komitmen soal strategi kompensasi suara bagi Caleg. 

Kompensasi suara ini kata dia, sebagai strategi akumulasi suara untuk memenuhi target perolehan kursi di DPR RI dan DPRD. Dengan cara semua suara caleg yang berpotensi meraih perolehan kursi akan diakumulasi. 

“Jadi caleg yang memiliki suara akan digabung akan terpenuhi kursi. Tapi yang tidak terpilih akan mendapat gaji per bulan dari yang terpilih,” tuturnya. 

Hal ini dilakukan untuk menghargai suara yang diperolah oleh caleg dan mengantisipasi agar kader tidak pindah ke partai lain. Karena tidak terpilih di Pileg. 

“Tapi kalau Dia tetap dapat gaji dari Caleg terpilih pasti dia akan bertahan di Demokrat. Pasti juga yang dapat kompensasi pasti rajin ke partai,” jelasnya. 

Namun yang menerima Kompensasi ini, kata dia dengan batas suara minimum tertentu yang diperoleh saat Pileg nanti.(*)


BACA JUGA