Lahirkan Kader Cinta Budaya, KSM Enrekang Bakal Gelar Workshop dan Rekrut Anggota Baru

Jumat, 02 November 2018 | 22:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Komunitas Seni Massenrempulu (KSM), organisasi yang bergerak pada bidang kesenian dari tanah Massenrempulu Kabupaten Enrekang kembali akan menggelar Workshop Art ke-9 dengan mengangkat tema “Spora, Sembilan Portal Angin”.

Ketua panitia sendiri, Ramanda Hastadibrata mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu proses tahapan bagi calon anggota baru sebelum bergabung dengan KSM. Ramanda Hastadibrata juga menyebutkan kegiatan tersebut akan digelar di Sumpang Bita Kabupaten Pangkep, selama 4 hari yaitu dari tanggal 21 hingga 25 November 2018 mendatang.

pt-vale-indonesia

“Perekrutan anggota baru yang dikemas dalam bentuk workshop. Ini dilakukan dengan pendekatan kreatif untuk mendorong peserta lebih nyaman dan santai dalam memahami materi hingga menghasilkan karya,” kata, Kamis (2/11/2018).

Mahasiswa Stimik Profesional ini juga mengatakan pelaksanaan Workshop Art KSM tahun ini hadir dengan tema “Spora” yang berfokus pada bagaimana memahami sebuah seni pada persepsi yang lebih mendalam dan mengajarkan bagaimana lahirnya sebuah seni. 

Rama sapaanya berharap melalui perekrutan tersebut mampu melahirkan kader – kader baru yang akhirnya mengerti seni dan budaya yang harus dilestarikan bersama.

“Saya berharap dengan kegiatan ini nantinya KSM akan menghasilkan kader-kader baru yang mampu melestarikan budaya yang ada, tidak menjadi malu atau merasa tertinggal jika mencintai budaya,” ucapnya. 

Sementara itu untuk proses perekrutannya sendiri, Rama mengatakan pihak panitia hanya akan menerima peserta yang berdarah Massenrempulu dan tercatat sebagai mahasiswa aktif semester 1, 3 dan 5 serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pra Indoor, Indoor dan Outdoor.

“Untuk selanjutnya, kegiatan ini nantinya akan dikukuhkan dengan melakukan pentas perdana, sehingga materi kegiatan yang selama ini telah disampaikan mampu direalisasikan dalam bentuk nyata hingga dinyatakan resmi menjadi anggota KSM,” tambahnya.(*)