Pemantauan Curah Hujan oleh BMKG Sulsel/IST

BMKG Sulsel: Sekarang Sudah Masuk Musim Hujan

Jumat, 09 November 2018 | 22:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi, Siswanto, mengatakan untuk wilayah Sulsel bulan November ini sudah masuk musim penghujan.

Hal tersebut disampaikan Siswanto berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan BMKG Sulsel berdasarkan pergerakan awan dan curah hujan beberapa hari terakhir ini.

pt-vale-indonesia

“Kalau saat ini berdasarkan data curah hujan kita, memang sudah memasuki periode musim penghujan. Karena data yang tercatat di kami data curah hujan sepanjang satu dasarian ini sudah memenuhi syarat,” katanya.

Lanjut Siswanto, “Jadi berdasarkan data kita, awal November ini memang sudah memasuki musim penghujan kalau kita lihat dari data awalnya,” lanjutnya.

Siswanto juga menambahkan untuk tiga hari kedepan, sejumlah daerah di Sulsel juga diprediksi turun hujan dengan intensitas yang berbeda di setiap wilayah. Menurutnya, ini terlihat dari pemantauan aktifitas awan.

“Ini terlihat dari awan – awan cumulonimbus sudah mulai aktif di pesisir barat sehingga potensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat cukup kuat terjadi,” tambahnya.

Beberapa wilayah yang perlu jadi perhatian terutama yang berada di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat yang meliputi Pangkep, Baru, Parepare dan Maros. Ketiga daerah ini berpotensi hujan lebat dari pagi hingga pukul 17.00 WITA.(*)


BACA JUGA