Komisoner KPU Sulsel Uslimin meminta pemerintah ikut mendorong DPT yang lebih bersih

Ingin DPT Lebih Bersih, KPU Harap Pemerintah Kooperatif

Senin, 12 November 2018 | 20:41 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan meminta pemerintah daerah ikut terlibat mendorong Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang bersih.

Hal ini disampikan oleh Komisioner KPU Sulsel, Uslimin saat ditemui usai menghadiri dialog di salah satu kedai di Jalan, Yusuf Deng Ngawin, Makassar, Senin (12/11/2018).

pt-vale-indonesia

Usle, sapaan akrabnya berharap pemerintah melalui Dinas Dukcapil lebih kooperatif untuk bekerjasama dengan KPU.

“Kami berharap agar pemerintah bisa lebih kooperatif dan Alhamdulillah hasil Rakor kami dengan Dinas Dukcapil, tadinya itu ada 13 Kabupaten/Kita yang tidak mengeluarkan bukti tanda perekaman,” kata Usel.

Dia melanjutkan, setelah melakukan Rakor dengan Dinas Dukcapil Sulsel, ada beberapa daerah yang lebih kooperatif mengeluarkan bukti perekaman e-KTP. Pasalnya, yang terdaftar dalam DPT adalah masyarakat yang bisa melampirkan bukti e-KTP.

“Setelah Rakor semua bersedia mengeluarkam bukti perekaman, contoh kasus misalnya Toraja Utara. Itu jelang pleno tingkat PPK, itu diserahkan 1.600 lebih yang telah perekaman,” kata dia.

Olehnya, dia berharap agar semua Kabupaten/Kota bisa lebih kooperatif.

“Mudah-mudahan semua Kabupaten/Kota yang lain mengikut seperti itu dari Dinas Dukcapil Provinsi,” tuturnya.

Dijelaskan pula, hubungan KPU dan Dinas Provinsi Sulsel berkoordinasi dengan baik. Hanya saja KPU Kabupaten/Kota kadang mis komunikasi.

“Jadi kami di tingkat Provinsi bagus, cuma dibeberapa Kabupaten mereka itu masih berpegang pada edaran sebelumnya,” tandasnya.(*)


BACA JUGA