Pelantikan Pansel KPU Jeneponto

Timsel Tegaskan Proses Seleksi Komisioner KPU Jeneponto Sudah Sesuai Aturan

Selasa, 20 November 2018 | 12:17 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tim Seleksi KPU Jeneponto menegaskan jika pihaknya sudah menjalankan tahapan seleksi Calon Komisioner KPU Jeneponto sesuai aturan.

Hal ini disampaikan Anggota Timsel KPU Jeneponto, Ratna Kahali menanggapi kehadiran enam orang pendaftar calon komisioner yang mendatangi KPU Sulsel, di Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin (19/10/2018) siang kemarin.

pt-vale-indonesia

Mereka diketahui datang untuk mempertanyakan pengumuman seleksi berkas Timsel KPU Jeneponto yang dianggap bermasalah. Terutama pengumuman penerimaan berkas yang dianggap tidak transparan.

Menurut Ratna, proses seleksi administrasi sudah dijalankan sesuai aturan. Yakni menggugurkan 22 dari 62 pendaftar berdasarkan nilai terendah.

“Ada tiga penilaian pada tahapan seleksi administrasi. Pertama latar belakang pendidikan, kemudian pengalaman organisasi kepemiluan, dan ketiga makalah berstruktur. Ketiga komponen itu punya nilai masing-masing. Setelah dihitung, 22 orang ini punya nilai terendah,” urai Ratna saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Hal yang sama kata Ratna, juga berlaku pada tes Computer Assisted Tes (CAT) yang baru saja selesai digelar hari ini.

“Kita meloloskan orang dengan nilai tinggi, tidak mungkin yang tinggi nilainya kita jatuhkan. Untuk tes CAT tadi penilaiannya sama, ada 10 orang yang gugur karena nilainya terendah dan 30 berhak ikut tes selanjutnya,” tegasnya.

Selanjutnya, 30 pendaftar yang dinyatakan lolos tes CAT itu kembali akan menjalani tes psikologi selama dua hari. Tes ini akan digelar di Hotel Grand Asia, Makassar.

“Setelah lolos di psikologi, ke tes kesehatan lagi. Kemudian terakhir tes wawancara sebelum disodorkan ke KPU Pusat,” tandas Ratna.(*)


BACA JUGA