Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo membuka Olimpiade Alquran yang diselenggarakan SPIDI Maros, Jum'at (23/11/2018)/Muhammad Yusuf/Gosulsel.com

Kadis Pendidikan Sulsel Buka Olimpiade Al Qur’an SPIDI Maros

Jumat, 23 November 2018 | 19:45 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Olimpiade Alquran, Sains dam Olahraga (AQSHA) Competition Sekolah Putri Darul Istiqamah resmi dibuka  Jum’at, 23 November 2018, di Gedung Olahraga SPIDI, Maccopa, Maros. Kegiatan yang dihadiri sekitar 305 peserta ini akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam pembukaan ini hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, bersama anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB.

Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo mengaku mengapresiasi penyelenggaraan AQSHA Competition SPIDI Vol III ini.

Menurut Irman, tantangan abad ke-21 bagi tenaga pendidik yakni kolaborasi,”Saya senang Al-Qur’an, Sains, dan Olahraga dikolaborasikan,” akunya.

Berdasarkan UU Sisdiknas kata dia,  pendidikan menengah itu mengajarkan anak-anak paham kompetisi dasar.

“Jadi paling penting ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni kemampuan literaisnya, kemampuan kempetensinya dan ketiga kemampuan membentuk diri untuk memahami Life Skill,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan hal yang harus dipahami oleh tenaga pendidik yakni harus memiliki peta yang jelas.

Sementara itu Ketua Panitia, Andi Mauraga mengatakan jumlah peserta turut serta dalam AQSHA Competition ini adalah sebanyak 305 orang.

Andi Mauraga juga menambahkan AQSHA Competition SPIDI diadakan sebagai bentuk pengabdian SPIDI baik secara internal ataupun eksternal.

“Salah satu value SPIDI adalah pengabdian, baik dalam maupun keluar. Dan implementasi pengabdian keluar itu salah satunya adalah AQSHA ini”.

Adapun cabang olahraga yang dilombakan adalah panahan dan renang di mana keduanya merupakan aktifitas yang dianjurkan dalam syariat Islam.

“Kita menambah cabang olahraga renang  karena kita sudah memiliki kolam renang dan panahan karena salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah,” akunya.(*)


BACA JUGA