Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Kewirausahaan bagi pelaku UMKM, Selasa (27/11/2018)
#

Pemkab Selayar Latih dan Beri Bantuan Mesin Pengolahan Untuk Pelaku UMKM

Selasa, 27 November 2018 | 20:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Kewirausahaan bagi pelaku UMKM di daerah berjuluk Tanadoang ini, Selasa (27/11/2018).

Ketua panitia pelaksana Hizbullah Kamaruddin menyebut, saat ini sudah sekitar 416 kelompok UMKM atau telah tercipta 1.248 pelaku wirausaha baru dalam kurun waktu 3 tahun yang terbentuk di beberapa desa dan kelurahan. 

pt-vale-indonesia

“Lewat program ini juga sekitar Rp 4,8 miliar anggaran yang terserap yang memiliki kegiatan berkaitan dengan sumber daya lokal atau potensi masing-masing kelurahan dan desa,” ujar Hizbullah.

Selain diberi pelatihan, peserta juga diberi bantuan pengembangan kewirausahaan yang diserahkan Bupati Selayar. Bantuan itu berupa mesin jahit dan obras dan sejumlah mesin pengolahan untuk UMKM.

Bupati Selayar mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM kewirausahaan ini sekaligus menjadi petunjuk arah, kebijakan, dan strategi yang komprehensif untuk pembangunan usaha mikro kecil dan menengah.

“Perlu diciptakan iklim usaha yang kondusif terhadap UMKM dalam bentuk fasilitas kemudahan pembiayaan, kawasan tempat usaha, dan peningkatan jaringan infrastruktur usaha,” jelas Bupati Selayar Basli Ali saat membuka pelatihan. (*)