SMA Islam Athirah ikuti pelatihan bela negara/IST

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Pelatihan Bela Negara di Lanud Sultan Hasanuddin

Selasa, 27 November 2018 | 10:55 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

MAROS, GOSULSEL.COM – Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti pelatihan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Gedung Local Education Center (LEC) Angkasa, Lanud Sultan Hasanuddin, dari Kamis (22/11/2018) hingga Sabtu (24/11/2018).

Kurikulum pelatihan antara lain, penjelasan karir di Lanud Sultan Hasanuddin, senam pagi, tadarus Alquran, shalat berjamaah, dan outbond.

Ketua panitia PKBN, Ahmad Fadhlullah AMa mengungkapkan, “Melalui kegiatan bela negara, siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah air, bangsa, dan negara. “Siap berbakti pada bangsa dan negara dimanapun mereka berada,” ujarnya dalam rilis tertulis yang diterima GOSULSEL.COM, Senin (26/11/2018).

Kegiatan yang bertema “Membentuk Generasi Muslim Milenial yang Disiplin dan Cinta NKRI” ini diikuti siswa-siswi kelas XI. Hadir mendampingi siswa, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ridwan Karim SPd MPd, wakasek kesiswaan dan keagamaan Abdul Azis SPd, dan Ketua Panitia PKBN Ahmad Fadhlullah AMA.

SMA Islam Athirah ikuti pelatihan bela negara/IST

Hadir beberapa guru antara lain, Bachtiar SE MM, Nurul Muslimah SPd, Ilmaddin SPd, Irmaningsih SS, Nurhikmah SPd, Rahmat Sandi SPdI MAg, Darwis SE, Andi Muharram Nur SPdI, Ahmad Rahlim SPdI MPd, Sulviati SPd, Fadillah SPd, Haryadi SPd, Abdul Rahman, dan Nurkumalasari SPd..

Adapun kegiatan yang siswa ikuti antara lain, menerima materi wawasan kebangsaan, pelatihan baris berbaris (PBB), 4 pilar, dan kunjungan ke Skadron Udara 5, 11, dan Heli. “Siswa menyaksikan pesawat yang dimiliki TNI AU, diantaranya Pesawat Boeing, Sukhoi, dan helikopter. Kunjungan langsung dipandu oleh para penerbang dari pesawat tersebut.  Adapun outbond dipandu personil Batalyon Komando 466 Paskhas TNI AU. Siswa mendaki di atas tebing dan titian tali,” ucap Ahmad Fadhlullah.

Ia berharap, semoga kedepan PKBN bisa berlanjut. “Kerjasama Sekolah Islam Athirah dan Lanud Sultan Hasanuddin dapat berjalan dengan baik untuk tahun selanjutnya, mengingat kegiatan PKBN ini adalah kegiatan wajib rutin setiap tahun,” ujar Ahmad.

Mewakili pihak sekolah, Ahmad menyampaikan terima kasih kepada Komandan Lanud Sultan Hasanuddin. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk Danlanud Sultan Hasanuddin, Kadispers Kol Pnb Bambang Sudewo, dan Letkol Muhammadong SPd. Kami juga ucapkan kepada semua dewan guru dan staf yang hadir menyukseskan kegiatan hingga hari terakhir,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ridwan Karim SPd MPd mengutarakan, melalui program bela negara angkatan pertama ini, diharapkan tumbuh rasa cinta tanah air dan rasa bangga menjadi warga negara Indonesia.

Pihaknya mengatakan, kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini akan menjadi program tahunan. “Insya Allah akan menjadi program tahunan sekolah kita. Setelah angkatan pertama, kita akan evaluasi untuk perbaikan kedepan,” ucapnya.

Selain itu, setelah mengikuti pelatihan selama 3 hari, harapan kami ada perubahan sikap. “Siswa menjadi lebih disiplin dan tertib waktu. Inilah hal ringan yang bisa dilakukan siswa dalam kesehariannya,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA