Pelabuhan Bira di Kecamatan Bontobahari, Bulukumba
#

Pelabuhan Bira Mulai Tertata, Puluhan Pedagang Direlokasi ke Tempat Strategis

Rabu, 28 November 2018 | 16:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Pelabuhan Bira di Kecamatan Bontobahari, sekitar 40 kilometer tenggara kota Bulukumba, kini mulai tertata dan bersih dari pedagang kaki lima (PKL).

Pembersihan aktivitas pedagang itu dilakukan berdasarkan keputusan bersama antara pihak UPT ASDP Bira dengan seluruh PKL saat dilakukan pertemuan.

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah, pendekatan yang kami lakukan dengan mengundang seluruh PKL membicarakan rencana pemindahan para PKL di dermaga, mendapat respon baik dan berjalan lancar,” kata Kepala UPT ASDP Bira, Nurjang, Rabu (28/11/2018).

Selain itu, Nurjang menghaturkan terima kasih kepada PKL dan para sopir travel dan penumpang, yang juga telah menaati aturan untuk tidak parkir di sekitar dermaga.

Sebelum dilakukan penataan, puluhan PKL telah menjajakan dagangannya di lokasi tersebut selama bertahun-tahun. Bahkan sejak Pelabuhan penyeberangan Fery Bira-Pamatata mulai dibuka, para PKL sudah berjualan.

Saat ini, pasca penataan para PKL yang biasanya memenuhi areal keberangkatan penumpang di pelabuhan, telah dipindahkan ke lokasi yang lebih tertata tepatnya di sekitar areal pintu masuk pelabuhan.

“Lokasi tersebut masih merupakan milik UPT ASDP Bira Bulukumba dan setiap pedagang diberikan izin penggunaan lahan berukuran 3 x 3 meter.(*)


BACA JUGA