DLH Gowa

Musim Hujan, DLH Gowa Pangkas Ranting Cegah Pohon Tumbang

Selasa, 04 Desember 2018 | 15:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Untuk menjaga keindahan tata kota dan mengantisipasi pohon tumbang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH) Kabupaten Gowa melakukan pemangkasan dahan dan ranting pada setiap pohon yang ada dalam kawasan Kota Sungguminasa.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Abitzar menjelaskan kegiatan pemangkasan ini rutin dilakukan setiap tahun apabila telah memasuki musim penghujan.

pt-vale-indonesia

“Ini setiap tahun kita lalukan saat memasuki musim penghujan, jadi ada beberapa wilayah memang kita lakukan pemangkasan pohon. Selain mengatisipasi bahaya yang ditimbulkan akibat pohon tumbang apabila ada angin kencang, keindahan dan penataan kota atau estetika juga dapat terjaga dengan baik,” papar Abitzar, Selasa (4/12/2018).

Selain itu Bidang Pertamanan dan Kebersihan DLH Gowa juga mengajak warga agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dan tidak menebang pohon tanpa izin dari Pemkab Gowa.

Kepala Seksi Pertamanan DLH Gowa, Maya Sri Hadrian menambahkan pemangkasan ini juga sebagai antisipasi jika terjadi cuaca ekstrim angin kencang yang berpengaruh pada pohon atau ranting tumbang.

“Pohon yang ranting atau dahannya menjulang tinggi itu juga dapat membahayakan jika ada kendaraan yang menyentuhnya, dapat menimpa warga yang melintas. Olehnya itu kita melakukan pemangkasan seperti ini,” tambah Maya.

Maya juga menjelaskan adapun wilayah yang menjadi titik pemangkasan pohon yakni di sekitar wilayah Kecamatan Sombaopu dan Kota Sungguminasa.(*)


BACA JUGA