Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan deklarasi "Ayo Gowa Bersih" di lokasi Car Free Day, Jalan Tumanurung Raya, SUngguminasa, Minggu (10/2/2019)

Adnan Deklarasikan Kampanye #AyoGowaBersih di CFD

Minggu, 10 Februari 2019 | 11:03 Wita - Editor: Irwan AR -

GOWA, GOSULSEL.COM – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Komunitas Peduli Gowa menggelar acara deklarasi “Ayo Gowa Bersih” di lokasi Car Free Day, Jalan Tumanurung Raya, SUngguminasa, Minggu (10/2/2019)

Bupati Gowa mengajak kepada seluruh warga Gowa untuk turut menjaga kebersihan Gowa, dengan senantiasa ikut bergotong royong di lingkungan rumah masing-masing membersihkan sampah.

“Kalau tidak mau ikut kerja bakti membersihkan sampah, setidaknya tidak membuang sampah sembarangan,” tegas Bupati yang disambut sorak “Betul” ratusan warga yang menyaksikan deklarasi tersebut.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, memotong pita sebagai simbolisasi deklrasi Ayo Bersih Gowa, Minggu (10/2/2019)

Adnan juga menyampaikan, bahwa Pemerintah akan mempercantik Gowa dengan menata pendestrian di perbatasan Kabupaten gowa dan Makassar, juga pendistrian lainnya dengan sebelumnya memperbaiki saluran drainase. Juga Pemerintah tengah membenahi Lapangan Syekh Yusuf yang akan menjadi ruang terbuka terbaik di Indonesia Timur.

“Tetapi pembangunan semua infrastruktur tersebut tidak ada gunanya kalau kita tidak bisa menjaga kebersihannya dan merawatnya,” ungkap Bupati.

Menurut, Adnan yang mendeklarasikan gerakan Ayo Gowa Bersih tersebut bersama Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga dan Dandim 1409/Gowa Letkol Arh Nur Subekhi,Camat Somba Opu, Indra Wahyudi yusuf, Laskar Merah Putih dam Pimpinan SKPD.  Gowa tidak hanya akan terlihat indah, bila warganya rajin menjaga kebersihan tapi juga bisa meraih piala Adipura.

Seorang pengunjung Car Free Day menandatangani baligo putih sebagai bentuk dukungan gerakan Ayo Gowa Bersih, Minggu (10/02/2019).

Ketua Komunitas Peduli Gowa, Muhammad Hidayahtullah, Deklarasi Ayo Gowa Bersih ini menjadikan momentum Hari Peduli Sampah Nasional untuk menyampaikan kepada masyarakat paradigma baru mengelola samapah.

“Paradigma baru itu adalah, sampah bukan lawan tapi bisa dimanfaatkan seperti sampah organik yang bisa daur ulang,” ungkap Muhammad Hidayatullah ditemui usai deklarasi.

Komunitas Peduli Gowa sendiri adalah komunitas dalam naungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa yang diberikan kewenangan mengelola bank sampah. Komunitas ini sudah memiliki jaringan hingga ke kelurahan-kelurahan.

Ketua Komunitas Peduli Gowa ini juga mengajak masyarakat Gowa untuk menyemarakkan kampanye yang bertagar #AyoGowaBersih tersebut di sosial media masing-masing.(*)

(Reporter: Pio)


BACA JUGA