Sebuah rumah di Dusun Alerang, Desa Bontolangkasa Selatan, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa terbakar, Senin dinihari (10/12/2018) pukul 02.00 Wita/IST

Rumah Petani di Bontolangkasa Selatan Habis Dilalap Api, 4 Ton Jagung Jadi Arang

Senin, 10 Desember 2018 | 13:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebuah rumah di Dusun Alerang, Desa Bontolangkasa Selatan, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa terbakar. Peristiwa yang membuat warga kampung Alerang panik tak terhingga terjadi pada Senin dinihari (10/12/2018) pukul 02.00 Wita.

Rumah panggung berisi 4 ton jagung kuning hasil panenan Hadina Dg Sabbi (60) yang juga pemilik rumah pun tak tersisa. Diperkirakan sumber api tersulut dari arus pendek listrik di rumah Dg Sabbi tersebut.

pt-vale-indonesia

Beruntung Dg Sabbi selamat sebab perempuan parubaya ini tidur di rumahnya yang satu yang berada berdampingan dengan rumahnya yang terbakar.

Kebakaran yang membuat warga sekitar panik ini berhasil dikuasai oleh tim Damkar Gowa Unit Kecamatan Bontonompo. Meski api berhasil dikuasai dan diputuskan rambatan ke rumah sekitarnya, namun karena media bakar di rumah panggung yang serba kayu itu memudahkan api cepat beraksi.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Damkar Gowa Mustamin Raga yang dikonfirmasi terkait kebakaran tersebut membenarkan jika api dapat dikuasai oleh tim Damkar Unit Kecamatan Bontonompo.

“Tim Damkar kami tiba di TKP sekira pukul 02.10 Wita setelah menerima laporan dari warga pada pukul 02.02 Wita. Karena kita punya Posko Damkar Unit Bontonompo sehingga upaya penanganan pihak kami dapat segera membackup kondisi sehingga tidak merambat ke rumah lainnya,” jelas Mustamin Raga.

Sebelumnya, warga Alerang heboh tengah malam setelah pemilik rumah Hadina Dg Sabbi melihat ada kepulan asap dari bumbungan rumahnya yang di sebelah yang ditempati menyimpan jagung hasil panenan. 

Melihat api mulai membakar, Dg Sabbi pun berteriak sehingga warga sekitar berdatangan membantu memadamkan api semampunya. Karena api makin membesar sehingga menghanguskan rumah panggung yang terbuat dari papan itu tanpa hambatan.

Tim Damkar Unit Bontonompo tiba di lokasi sekitar pukul 02.10 Wita dan langsung mematikan titik-titik api yang masih ada.

Camat Bontonompo Muh Yasin Mallingkai menginformasikan jika korban mengalami kerugian dengan tafsiran kisaran Rp 140 juta. 

“Selain rumah panggung dan 4 ton jagung yang terbakar, juga ikut terbakar satu unit motor Honda Astrea Legenda. Beruntung tidak ada korban jiwa,” jelas Camat Bontonompo.(*)