Seorang penumpang KMP Kormomolin yang melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Pamatata Selayar menuju Pelabuhan Bira Bulukumba nekat nyemplung ke laut, Rabu (12/12/2018)/Asmaun/Gosulsel.com
#

Diduga Depresi, Pria Asal Timor Leste Nekat Nyemplung ke Laut dari Atas Fery

Rabu, 12 Desember 2018 | 16:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM – Penumpang KMP Kormomolin yang melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Pamatata Selayar menuju Pelabuhan Bira Bulukumba mendadak heboh. Pasalnya para penumpang dikejutkan oleh aksi salah seorang penumpang yang nekat nyemplung ke laut, Rabu (12/12/2018).

Informasi yang berhasil diperoleh menyebutkan, pria yang tidak diketahui identitasnya itu diduga mengalami depresi karena ditinggal isterinya. Dia nekat melompat ke laut saat kapal fery akan masuk ke Pelabuhan Bira.

pt-vale-indonesia

Akibatnya, kapal fery yang akan masuk ke Pelabuhan Bira harus putar haluan untuk menyelamatkan penumpang yang lompat tersebut. Bahkan, Anak Buah Kapal (ABK) mencoba melakukan upaya penyelamatan dengan melemparkan pelampung. Hanya saja, penumpang nekat itu enggan menggunakannya.

Kondisi tersebut memaksa beberapa nelayan lokal yang berada di Pelabuhan Bira turut memberikan bantuan dan melakukan upaya penyelamatan.

Menurut Dian, seorang penumpang, jika dilihat dari prilaku pria nekat itu diduga mengalami depresi berat. Sebab meskipun sejumlah penumpang lainnya berupaya menahan aksi nekatnya, namun pria depresi itu tetap melompat ke laut. 

“Pria yang belakangan diketahui berasal dari Timor Leste itu tetap melompat. Meskipun sudah diberikan pelampung untuk ditolong tetap tidak mau naik ke kapal, malah mencoba menabrakkan dirinya ke kapal,” ujar Dian. 

Tidak hanya itu, sewaktu sudah ditolong dan dinaikkan ke kapal nelayan, pelaku masih tetap nekat melompat ke laut. Peristiwa inipun menjadi tontonan penumpang yang berada di kapal fery.

Narti, keluarga penumpang yang melakukan aksi nekat itu, membenarkan kalau keluarganya memang mengalami depresi setelah ditinggalkan istrinya. “Saat ini kami berencana membawanya ke rumah sakit di Makassar untuk berobat,” ujarnya.

Sementara itu, kondisi pria Timor Leste itu sudah diamankan pihak ASDP Bulukumba untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.(*)


BACA JUGA