Panwascam Tombolo Pao Libatkan Lembaga Kepemudaan dalam Pengawasan Pemilu 2019

Panwascam Tombolo Pao Libatkan Lembaga Kepemudaan Kawal Pemilu 2019

Senin, 17 Desember 2018 | 17:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tombolo Pao gelar sosialisasi pengawasan partisipatif berbasis komunitas, Minggu (16/12/2018) kemarin.

Kegiatan yang berlangsung di sekretariat Panwascam Tombolo Pao, Jalan Karaeng Pado tersebut dihadiri oleh para ketua lembaga kepemudaan dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) se-Kecamatan Tombolo Pao.

Salah seorang pemateri, Sarsil Martin SH MH, menuturkan, melibatkan organisasi kepemudaan atau komunitas dalam pengawasan pemilu  menjadi langkah yang  strategis dalam melakukan pengawasan di wilayah kedudukan lembaga masing-masing.

“Keterlibatan pemuda diharapkan mampu menjamin kedaulatan rakyat yang diwujudkan dan hak pilih warga bisa tersalurkan dengan sebenarnya tanpa manipulasi dan kecurangan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Panwascam Tombolo Pao, Sudirman SP mengatakan subtansi dari kegiatan tersebut adalah untuk merubahan pola pikir dan perilaku masyarakat secara sadar dan mandiri dalam melakukan pencegahan pelanggaran pemilu di Kecamatan Tombolopao.

Kegiatan tersebut ditutup dengan deklarasi bersama Panwascam Tombolo Pao dan Lembaga Kepemudaan se-Kecamatan Tombolo Pao untuk melawan money politik dan politisasi Aparatur Sipil Negara (ASN).(*)


BACA JUGA