Sekda Gowa, Muchlis saat mendampingi DPRD Sinjai berkunjung ke Kampung KB di Bili Bili Gowa beberapa waktu lalu

Kampung KB di Bili Bili Gowa Terbaik Se-Indonesia

Selasa, 18 Desember 2018 | 18:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Negara (BKKBN) menobatkan Kampung KB di Gowa terbaik se-Indonesia.

Penilaian utama BKKBN karena di Gowa terdapat Rumah Dataku yang dibangun oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) di Dusun Biring Jene, Desa Bili-Bili, Kecamatan Bontomarannu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa, Sofyan Daud menjelaskan, inovasi Kampung KB di Bili-Bili itu kerap kali dikunjungi oleh BKKBN pusat serta dari daerah lain.

“Inovasi rumah dataku tersebut juga disaksikan beberapa kepala BKKBN daerah lain dan pusat,” jelas Sofyan Daud, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, perkembangan kampung KB di Kabupaten Gowa menjadi perbincangan nasional, bahkan beberapa daerah telah melakukan kunjungan untuk belajar perkembangan kampung KB di Kabupaten Gowa.

“Kita bersyukur karena Kabupaten Gowa mendapat kepercayaan sebagai kampung KB terbaik se-Indonesia. Seluruh proses yang terjadi di Kampung KB Desa Bili-bili, menjadi objek yang akan dijadikan sebagai perbandingan atau komparasi pelaksanaan Kampung KB di Indonesia, kampung KB di Gowa juga menjadi tempat belajar,” beber Sofyan Daud.

Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis berharap, Kampung KB yang tersebar di 27 desa di Gowa, berimplikasi positif bagi peningkatan derajat ekonomi masyarakat.

Berbagai bantuan bisa diberikan seperti perbaikan rumah tidak layak huni atau bantuan kecukupan pangan. Apalagi banyak program-program dari pusat maupun program lintas SKPD yang bisa disinergikan untuk kemajuan kampung KB.

“Kita berharap kesuksesan cerita kampung KB di negara maju seperti Jepang dapat terulang di kampung KB yang ada di Gowa,” tandas Muchlis.(*)


BACA JUGA