Anies Baswedan
#

Anis Baswedan Salam Dua Jari Ditegur Mendagri, NA dan Danny Dukung Jokowi Dibiarkan

Rabu, 19 Desember 2018 | 17:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan ditegur oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lantaran terang-terangan salam dua jari. Salam dua jari diidentikkan dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Sikap Kemendegari tersebut dinilai semacam bentuk diskriminatif, lantaran sejumlah kepala daerah lainnya juga secara terang-terangan mendukung kandidat di Pilpres. Di Sulsel misalnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto memberikan dukungan ke Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin. Bahkan Danny masuk dalam daftar Ketua Dewan Pembina Jokowi-Ma’ruf di Makassar.

“Ya itulah yang menjadi pertanyaan banyak pihak. Semacam ada perlakuan diskriminatif,” kata pengamat politik dari Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono saat dikonfirmasi, Rabu (19/12/2018)

Bahkan dia menyebutkan, bukan hanya Gubernur NA dan Danny, tapi juga beberapa menteri di forum internasional mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Saya pikir kalau kita mau menegakkan aturan, ya jangan pilih-pilih, semua harus ditegur, karena aturan dibuat bukan untuk dilanggar,” tegasnya.

Jika teguran Kemendagri itu dibiarkan, hal ini memungkinkan jadi bumerang bagi Jokowi. “Tergantung sebenarnya dari respon-respon pemerintahan Jokowi dan juga KPU. Kalau dibiarkan pasti akan jadi bumerang,” tandasnya.(*)


BACA JUGA