Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Kesadaran Nasional, dirangkaikan Peringatan Hari Bela Negara ke 70 Tahun dan Peringatan Hari Nusantara, bertempat di lapangan Pancasila Kota Palopo, Rabu (19/12/2018)
#

Upacara Peringatan Bela Negara di Palopo, Dirangkai Pemberian Penghargaan Satyalancana

Rabu, 19 Desember 2018 | 17:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

PALOPO, GOSULSEL.COM — Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Kesadaran Nasional, dirangkaikan Peringatan Hari Bela Negara ke 70 Tahun dan Peringatan Hari Nusantara, bertempat di lapangan Pancasila Kota Palopo, Rabu (19/12/2018).

Amanat Presiden Joko Widodo dibacakan Wakil Walikota Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso menyampaikan bahwa penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai hari bila negara merupakan penegasan bahwa bila negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas.

pt-vale-indonesia

Bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan perbuatan fisik dan senjata semata namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer, yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok tanah air sesungguhnya sedang melakukan bela negara merekalah yang telah membuat republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyat sekali lagi juga menegaskan bahwa bela negara adalah kerjasama segenap elemen bangsa dan negara.

“Tugas bela negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan semakin kompleksnya tantangan yang dihadapi namun yakin melalui strategi antar segenap elemen bangsa Indonesia yang sipil, yang militer, yang menjalankan usaha, yang belajar dan mengajar, yang mewartakan berita, hingga yang menjadi teladan masyarakat, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil dan makmur, serta kepribadian dalam kebudayaan,” ungkap Rahmat Masri Bandaso.

“Kita berada di akhir tahun 2018 dan akan memasuki tahun 2019 dimana kita harus memperbaiki diri termasuk bagaimana tingkat kesadaran kita masih cukup rendah untuk itulah kita harus lebih bisa ditingkatkan,” lanjutnya.

Wakil Walikota Palopo ini juga menginformasikan bahwa pada tanggal 21-23 Desember 2018 akan ada rencana kedatangan Presiden RI ke Palopo.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian tanda kehormatan Karya Satyalancana masa bakti 30 tahun oleh Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso kepada para penerima penghargaan.

Selaku Perwira Upacara Kabag Humas Setda Kota Palopo Eka Sukmawati. S. STP. MM.

Turut hadir Asisten I bidang Pemerintahan Drs. Burhan Nurdin, Wakapolres Kompol. Woro Susilo, Perwakilan dari TNI, Para Kepala SKPD, Camat, Lurah, Jajaran Kepolisian Resort Palopo dan peserta upacara.(*)