Sejumlah pelajar dari berbagai sekolah di Makassar mengunjungi pameran seni lukis dalam rangka Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2018 di Perpustakaan Multimedia

Dewan Desak Dinas Pendidikan Evaluasi Seluruh Kepala Sekolah di Makassar

Senin, 24 Desember 2018 | 16:29 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mendesak Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abdul Rahman Bando untuk segera mengevaluasi seluruh kepala sekolah yang ada di Kota Makassar.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar, Wahab Tahir menjelaskan, Makassar ini adalah kotamadya yang sementara mengagas ‘menuju kota dunia’, sehingga segala bentuk pengembangan harus dilakukan berdasar kompetensi, termasuk di sektor pendidikan.”Kepala Dinas Pendidikan harus mengevaluasi seluruh kepala sekolah yang ada di Makassar. Jadi harus ada standar kompetensinya,” kata Wahab, Senin (24/12/2018).

Wahab mengatakan, sekitar 60 persen kepala sekolah yang ada di Makassar tidak layak menjabat sebagai kepala sekolah. Alasannya lantaran latar belakangan keilmuan dan kualifikasi kemampuan minimal di bawah rata-rata.

Sementara, lanjut Wahab, standar kompetensi kepala sekolah diatur dalam Permendiknas nomor 13 tahun 2017. Di dalamnya diatur tentang kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi kepribadian, serta kompetensi sosial.

“Kenapa harus dievaluasi? Karena sekitar 60 persen kepala sekolah diindikasi tidak memiliki latar belakang keilmuan dan standar kompetensi yang memadai. Kepala Dinas Pendidikan harus menempatkan Kepala Sekolah berdasarkan standar kompetensinya,” tandas Wahab.(*)


BACA JUGA