Cuaca ekstrim di sekitar perairan Selayar

Pelabuhan Benteng Selayar Tidak Keluarkan Izin Berlayar

Jumat, 28 Desember 2018 | 15:34 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir berdampak pada aktivitas pelayaran di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar menyusul keluarnya pengumuman dari PT. ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) setempat.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis pihak ASDP, aktivitas pelayaran kapal feri dilintas Pelabuhan Bira Bulukumba- Pamatata Selayar dilakukan sistim buka tutup dengan memperhatikan kondisi cuaca diperairan.

ASDP juga menyebutkan jarak tempuh pelayaran dari Bira ke Pamatata dapat ditempuh sekitar dua jam melalui armada KMP Balibo dan KMP Kormomolin.

Informasi lain yang diperoleh menyebutkan, aktivitas pelayaran kapal-kapal rakyat dari Pelabuhan Benteng hari ini, juga ditutup sementara sampai menunggu cuaca kembali normal dan aman untuk pelayaran. Pihak pelabuhan tidak mengeluarkan izin berlayar, kecuali cuaca memungkinkan dan aman bagi pelayaran.

Menurut Bahtiar, petugas IPP II Pelabuhan Benteng mengatakan, saat ini aktivitas kegiatan pelayaran yang dilakukan kapal-kapal rakyat di Pelabuhan Benteng untuk sementara ditutup. Pihak Pelabuhan tidak menerbitkan izin berlayar terhadao semua jenis pelayaran rakyat.

Bahtiar juga mengungkapkan, larangan berlayar tersebut dilakukan menyusul adanya peringatan dari BMKG sehingga menjadi dasar dikeluarkannya pelarangan aktivitas pelayaran melalui Pelabuhan Benteng.

“Pihak Pelabuhan Benteng harus mengeluarkan pemberitahuan untuk melarang masyarakat yang akan berlayar karena kondisi cuaca di laut cukup ekstrim. Ini juga menyusul keluarnya peringatan dari BMKG,” tandasnya, Jumat (28/12/2018). (*)


BACA JUGA