Pangkoops AU II memberi materi latihan kepemimpinan di Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu (09/01/2019)/IST

Di Lanud Sultan Hasanuddin, Pangkoopsau II Berbagi Tips Jadi Pemimpin

Rabu, 09 Januari 2019 | 22:00 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi berbagi tips menjadi pemimpin yang baik, di Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu (09/01/2019).

Di hadapan perwira Lanud Sultan Hasanuddin, Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa seorang pemimpin harus memiliki Visi dan Misi dalam menjalankan kepemimpinannya. Ia menyebutkan bahwa visi misinya sebagai pangkoopsau II “Koopsau II Yang Unggul” sedangkan Misinya adalah “Menjalankan Tugas Pokok +++,”.

“Untuk menjalankan visi dan misi tersebut maka pemimpin harus menjalankan sesuai dengan proses kepemimpinan yang biasa disingkat dengan ‘POAC’ Planning, Organizing, Actuating dan Controlling,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Planning bagian dari perencanaan yang dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana dan setiap pemimpin harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam organisasi.



Lanjutanya, Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi, yang meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas tersebut.

“Berikutnya adalah actuating adalah peran pemimpin untuk mengarahkan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan organisasi dalam artian Actuating adalah implementasi rencana, dengan membuat urutan rencana menjadi tindakan nyata,” sambungnya.

Menurutnya lagi, yang harus dilakukan pemimpin adalah controlling untuk memastikan bahwa pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. “Controling dilakukan untuk memastikan apakah pekerjaan yang dikerjakan atau didelegasikan dilaksanakan dengan cara yang benar serta sesuai dengan rencana atau tidak,” tegasnya.

Halaman:

BACA JUGA