Presiden yang menghadiri Lovely Toraja menyampaikan duka cita terhadap korban Tsunami Banten dan Lampung dan memberikan instruksi untuk ditangani secepatnya
#

Parpol Pengusung Setengah Hati Dukung Capres?

Rabu, 09 Januari 2019 | 21:02 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Partai politik dinilai tidak solid memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden usungannya pada Pilpres tahun 2019 mendatang. Pemilu yang bersamaan antara Pileg dan Pilpres membuat partai tidak fokus pada satu hajatan politik.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono bahkan menyebutkan ada kecenderungan parpol pengusung setengah hati memikirkan usungannya di Pilpres. Nyaris semua partai dinilainya lebih fokus mengamankan partai menghadapi 4 persen presidential treshold.

“Beberapa partai memang terlihat setengah hati untuk mengkampanyekan Capres usungannya,” kata Arif, Rabu (09/01/2019).

Arif menjelaskan yang paling gencar mengampanyekan Capres ke masyarakat hanya sejumlah partai saja, seperti Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto dan PDIP sebagai pengusung Joko Widodo.



Hal tersebut pun, kata Arif, karena Gerindra yang dipimpin Prabowo sebagai Ketua Umum, membuat Gerindra bertanggungjawab penuh memenangkan pasangan Prabowo-Sandi.

Demikian pula juga dengan PDIP yang harus memenangkan Jokowi karena kader dari partai berlambang moncong putih tersebut.

“Dengan begitu, partai lainnya tentu harus membagi fokus mereka untuk bisa meraih kursi di parlemen, khususnya DPR RI. Apalagi dengan target Parlementary Treshold sebesar empat persen yang dianggap cukup tinggi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA