Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Januari, Earth Hour Makassar mengadakan aksi kampanye lingkungan dan gerakan cabut paku pohon di sepanjang jalan Ratulangi hingga jalan Jenderal Sudirman, Minggu (13/1/2019). 

Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Earth Hour Makassar Galakkan Aksi Cabut Paku Pohon

Minggu, 13 Januari 2019 | 14:48 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Januari, Earth Hour Makassar mengadakan aksi kampanye lingkungan dan gerakan cabut paku pohon di sepanjang jalan Ratulangi hingga jalan Jenderal Sudirman, Minggu (13/1/2019).

Penanggung Jawab Aksi Earth Hour Makassar, Muhammad Rezi Akbar, mengatakan, dengan banyaknya informasi mengenai Tree Spiking yakni memaku setangkai logam, paku atau material lain (seperti keramik) ke dalam batang pohon, tentu akan berdampak pada kehidupan pohon.

Aksi cabut paku di pohon

“Earth Hour Makassar sebagai salah satu gerakan yang berfokus pada isu lingkungan, tentu kami tak ingin ketinggalan menjadikan momen ini sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi terkait Tree Spiking dengan melakukan tindakan nyata,” terang Eci -sapaan akrabnya.

Tindakan spiking ini, kata Eci justru berdampak pada kehidupan pohon. Kekuatan kayu pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri.



Lebih lanjut, Eci menjelaskan, dengan kerusakan yang ditimbulkan pada pohon akibat Tree Skiping, maka sangatlah mungkin pohon-pohon yang banyak ditancap logam dan dijerat benda lain sangat mudah rusak.

“Dalam jangka panjang sangat mungkin pohon yang telah melemah akibat logam dan tali mudah tumbang dan cepat mengalami kematian, dan tentunya akan membahayakan manusia,”pungkasnya.

Aksi Cabut Paku Pohon ini juga diikuti oleh seluruh volunteer Earth Hour Makassar dengan berkolaborAKSI bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar dan berbagai pihak lainnya.(*)


BACA JUGA