Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL saat menerima tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat provinsi di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Senin (14/1/2019).

Target Penghargaan Swasti Saba Wistara, Ini yang Dilakukan Bupati Gowa

Senin, 14 Januari 2019 | 14:26 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Setelah berhasil mendapatkan penghargaan tingkat Swasti Saba Padapa dan Penghargaan Swasti Saba Wiwerda sebagai penghargaan tingkat bawah dan menengah bidang kesehatan, tahun ini Kabupaten Gowa kembali menargetkan penghargaan tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL saat menerima tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat provinsi di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Senin (14/1/2019).

Dalam sambutannya, Adnan juga mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gowa telah melakukan persiapan sejak tahun lalu dengan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Kabupaten Sehat.

“Untuk menguatkan pencapaian target (penghargaan) tersebut, di tahun 2018 kita telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kabupaten Sehat yang diharapkan penguatan kelembagaan implementasi Kabupaten Sehat lebih baik dan terorganisasi,” jelas Adnan.



Selain Itu, upaya lain yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Gowa untuk meraih penghargaan tertinggi tersebut, pada tahun 2017 sebelumnya Pemerintah Kabupaten Gowa telah menetapkan Perda Nomor 2 Tahun 2017 terkait Kawasan Tanpa Asap Rokok dan pelaksanaan Lomba Kabupaten Sehat tingkat kecamatan.

“Dalam pelaksanaan verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat provinsi tahun ini, tim pembina dan forum kabupaten Gowa sehat, telah menyiapkan lokus untuk masing masing tatanan,” lanjutnya.

Adnan juga berharap tim verifikasi dapat melihat secara langasung kecocokan antara laporan dan realita di lapangan. “Kami juga berharap agar tim verifikasi lapangan provinsi dapat menyumbangkan saran untuk pelaksanaan Kabupaten Gowa Sehat yang lebih baik,” tandas Adnan.(*)


BACA JUGA