Aksi Joget Prabowo Kala Debat Capres-Cawapres Pilpres Tadi Malam
#

Dua Kandidat Sepakat Kisi-kisi Dihilangkan

Senin, 21 Januari 2019 | 23:49 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sepakat jika kisi-kisi debat kandidat dihilangkan. Alasan kedua kubu sama, agar debat kandidat berjalan lebih dinamis.

Pasangan 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno menilai peniadaan kisi-kisi sebelum berjalannya debat kandidat akan berlangsung lebih efektif dan bisa langsung ke sumber permasalahan.

“Masukan dari hasil debat pertama, banyak sekali masyarakat menginginkan debat itu lebih menukik ke permasalahan,” kata Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini lebih setuju bila KPU hanya memberikan topik debat kedua. Sehingga, menurutnya, para kandidat Cawapres peserta Pemilu 2019 bisa menghadirkan gagasan, serta visi-misi sesuai topik yang dibahas. “Dan debat berikutnya ini lebih mengedepankan pemikiran-pemikiran, gagasan-gagasan, dan langkah-langkah konkrit Prabowo-Sandi untuk di topik-topik yang akan dibahas,” jelasnya.



Sementara itu, dari pasangan 01, Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin yang diwakili oleh Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding mengatakan pada prinsipnya pihaknya ikut KPU. Sejak awal kata dia Jokowi-Ma’ruf tidak pernah meminta kisi-kisi.

“Pada prinsipnya, kalau itu menurut KPU jauh lebih dinamis, jauh lebih menarik, beredukasi, kami tidak ada masalah,” kata Karding, Senin (21/1/2019).

Sejak awal, Karding mengaku sikap paslon 01 tidak pernah meminta kisi-kisi pertanyaan panelis dibocorkan kepada paslon. Hal ini pun sekaligus menampik tudingan bahwa kubu Jokowi yang meminta KPU agar ada kisi-kisi dalam debat.

“Kita tidak pernah berpikir meminta dan mengusulkan kisi-kisi. Kita akan ngikut aja,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA