Wakil Bupati, Abd rauf kr Kio bersama Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Nur Subekhi, meninjau langsung lokasi Tanah Longsor di Dusun Pattiro, Desa Pattalikang, Kecamatan Manuju, siang ini rabu (23/1/2019)
#

Akses Menuju Desa Pattallikang Kecamatan Manuju Terputus

Rabu, 23 Januari 2019 | 14:02 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Kepala Polres Kabupaten Gowa, AKBP Sinto Silitonga menyebutkan bahwa saat ini beberapa akses jalur yang menjadi skala prioritas untuk segera dievakuasi tak bisa dilewati, yakni di Desa Pallantikang Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa.

“Berdasarkan informasi infrastrukturnya terputus. Sehingga tadi kapolsek melaporkan kepada saya yang sudah berada di lokasi dengan memutar melintasi hutan,” ujar Sinto, Rabu (23/1/2019)

Wakil Bupati, Abd rauf kr Kio bersama Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Nur Subekhi, meninjau langsung lokasi Tanah Longsor di Dusun Pattiro, Desa Pattalikang, Kecamatan Manuju, siang ini rabu (23/1/2019)

Sehingga kata dia, dilokasi tersebut menjadi tempat prioritas yang akan diberdayakan untuk mengevakuasi korban. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya mengaktifkan kembali akses jalan yang terputus.

“Ini yang kita coba berdayakan dan skala prioritas, sehingga pertama kita bisa mengevakuasi korban, dan kedua kita membantu dan bahu membahu untuk bisa mengaktifkan kembali akses akses jalan dan infrastruktur yang terputus,” jelasnya.



Selain itu, kata dia, di Kecamatan Manuju masih ada timbunan tanah yang perlu penanganan. Hanya saja alat berat yang ada tidak dapat dijalankan lantaran tidak memiliki operator.

Jembatan Putus di Dusun Pattiro, Manuju

“Kondisi di sana juga masih hujan dan bukit itu masih cenderung rawan longsor. Sehingga kita memang perlu memastikan kondisi cuaca sebelum kita melakukan evakuasi dengan alat tersebut. Nanti kita putuskan bersama pak bupati,” tegasnya.

“Kami berdayakan semua personil kami baik polres maupun polsek, sehingga sesuai dengan pernyataan pak bupati, kami dapat saja memberdayakan staf pada fungsi fungsi kepolisian untuk bisa membantu proses penanganan bencana ini,” tambahnya. (*)


BACA JUGA