Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyerahkan bantuan berupa santunan bagi ahli waris dan logistik kepada korban bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Gowa, Senin (28/1/2019). 

Kemensos RI Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam di Gowa

Senin, 28 Januari 2019 | 18:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyerahkan bantuan berupa santunan bagi ahli waris dan logistik kepada korban bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Gowa, Senin (28/1/2019).

Penyerahan yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong ini diserahkan oleh  Dirjen Perlindungan dan Jaminan sosial Kementrian Sosial, Harry Hikmat kepada Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan YL.

Dalam sambutannya, Harry Hikmat menyampaikan turut berduka cita atas kejadian yang menimpa Kabupaten Gowa. Ia berharap bantuan yang diserahkan oleh Kemensos tersebut dapat membantu meringankan beban korban bencana alam.

“Kami atas nama Kementrian Sosial mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya semoga almarhum yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah menghadapi ujian dari Allah SWT,” ujarnya.



“Kehadiran kami mewakili Bapak Presiden Ir Joko Widodo yang langsung disampaikan oleh pak Wapres Jusuf Kalla untuk sesegara mungkin menyalurkan bantuan santunan kepada ahli waris untuk meringankan beban kepada keluarga yang ditinggalkan,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan YL dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini kehadiran pemerintah pusat sangat dibutuhkan oleh pemerintah Kabupaten Gowa.

“Dan memang yang kami butuhkan hari ini bukan berapa besar jumlahnya bantuan itu tetapi yang dibutuhkan pemerintah Kabupaten Gowa yaitu hadirnya perhatian pemerintah pusat,” jelas Adnan.

Adnan juga menyebutkan bahwa kehadiran pemerintah pusat di tengah musibah yang dialami Kabupaten Gowa, secara tidak langsung menerapkan filosofi orang Bugis Makassar yaitu hadir ketika masyarakat mengalami musibah.

“Sebagai orang Bugis Makassar filosofi orang Bugis Makassar bukan hadir ketika mendapat kesenangan tetapi juga hadir ketika mengalami sebuah keduakaan. Oleh karena itu kehadiran bapak Dirjen di tempat ini untuk memberikan santunan kepada korban banjir seluruh korban yang ditinggalkannya ini sebuah tanda bahwa bapak Dirjen menjalakan filosofi orang Bugis Makassar,” tandasnya.

Sekedar diketahui bahwa total bantuan yang diserahkan oleh Kementrian Sosial kepada Pemerintah Kabupaten Gowa sebesar Rp. 546 908.450 untuk jaminan sosial, Rp. 390.000.000 untuk 26 ahli waris penerima santunan duka, Rp. 44.338.450 bantuan logistik dan Rp. 112.570.000 untuk bantuan perahu karet.(*)


BACA JUGA