Rapat khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota Makassar di Four Points by Sheraton Makassar, Selasa (29/1/2019)

Awal Tahun, Pemkot Makassar Teken Kerjasama dengan BPJS

Selasa, 29 Januari 2019 | 21:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –Pemerintah Kota Makassar kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan terkait kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Kota Makassar, Selasa (29/1/2019).

Kerjasama yang dilakukan pemkot Makassar ini sebagai wujud pemerintah dalam rangka melaksanakan kewajibannya untuk menyediakan kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup layak bagi setiap penduduk di wilayah Kota Makassar.

Penandatanganan yang diteken langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M.Ichwansyah Gani ini digelar bersamaan dengan kegiatan rapat khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota Makassar yang juga melibatkan beberapa agenda penandatanganan kerjasama dengan beberapa instansi di Kota Makassar serta disaksikan langsung oleh seluruh SKPD se-kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kota Makassar atas dukungannya selama ini dalam membantu menyukseskan program JKN KIS di wilayah kerja cabang Makassar.



Ichwansyah menuturkan, jumlah peserta penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Kota Makassar dalam Jaminan Kesehatan Nasional pada saat ditandatanganinya perjanjian ini adalah sejumlah 171.554 jiwa, dengan jumlah maksimal selama masa berlakunya PKS adalah 175.750 jiwa.

“Alhamdulillah kerjasama ini kembali lancar dan semoga Pemerintah Kota Makassar tetap selalu mendukung program JKN,” ungkap Iwan, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wali kota Makassar juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai interaksi untuk menghidupkan kembali simpul instansi pemerintahan yang ada di Kota Makassar.

“Rakorsus awal tahun ini menjadi pusat koordinasi antara pegawai maupun instansi di Wilayah Pemerintah Kota Makassar,” ujar Danny.

Saat ini jumlah total peserta yang telah masuk ke dalam program JKN-KIS yakni sebanyak 2.865.345 jiwa atau sebanyak 82.76% dari total jumlah penduduk di wilayah kerja cabang Makassar. Dengan jumlah peserta PBI APBN sebanyak 1.000.264 dan PBI APBD 558.464 jiwa dan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga telah bekerjasama dengan 367 FKTP yang terdiri atas 123 puskesmas, 66 dokter praktik perorangan, 150 klinik, serta 28 dokter gigi. Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan cabang Makassar telah bermitra dengan 45 RS dan 5 klinik utama, 37 apotik, dan 14 optik.(*)


BACA JUGA